DetikNews
Sabtu 21 April 2018, 16:23 WIB

Pemancing Terjebak di Gua Langse Gunungkidul Berhasil Dievakuasi

Usman Hadi - detikNews
Pemancing Terjebak di Gua Langse Gunungkidul Berhasil Dievakuasi Evakuasi pemancing dari Gua Langse menggunakan perahu. Foto: Dok Basarnas DIY
Gunungkidul - Slamet (38), pemancing asal Dusun Sono, Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Bantul terjebak di Gua Langse Gunungkidul sejak Jumat (20/4) kemarin. Korban berhasil dievakuasi Basarnas DIY pagi ini.

"Korban berhasil kita evakuasi pagi ini menggunakan perahu," kata Kasubsi Operasi Basarnas DIY, Aditya Dwi Hartanto saat dihubungi wartawan, Sabtu (21/4/2018).

Hartanto menjelaskan, kejadian ini berawal saat korban pergi memancing di tebing Gua Langse Gunungkidul, Kamis (19/4) malam. Namun, saat akan pulang kaki korban bermasalah sehingga korban tidak bisa berjalan.

Kemudian, pada Jumat sore Kantor Basarnas DIY menerima laporan dari SAR Parangtritis bahwa ada seseorang yang terjebak di dalam Gua Langse Gunungkidul. Menerima laporan, petugas Basarnas langsung diterjunkan untuk mengevakuasi korban.

"Kami memerintahkan Kepala Jaga Harian (Basarnas DIY) saat itu untuk mempersiapkan satu tim dan peralatan. Saya perintahkan untuk mempersiapkan peralatan evakuasi di ketinggian, menggingat korban berada di dalam gua," paparnya.

Setelahnya, Tim Rescue Basarnas DIY berjumlah 10 orang diberangkatkan membawa 1 Unit Rescue CAR dan peralatan evakuasi di ketinggian. Akhirnya, personil Basarnas berhasil menemukan posisi korban pada Jumat malam.

"Saat kami temukan di Gua Langse kondisi korban cukup baik, sehat. Hanya korban tidak bisa berdiri dan posisi korban duduk di bebatuan. Setelah berkordinasi dengan tim di lapangan dan keluarga korban, korban akan di evakuasi menuju atas gua esoknya," jelasnya.

Akhirnya pagi ini korban berhasil dievakuasi petugas menggunakan perahu. Sementara alasan petugas Basarnas mengevakuasi korban pagi ini karena saat ditemukan kondisinya sudah gelap, kemudian medan licin dan curam.

"Tadi malam teman-teman Basarnas yang terjun ke lapangan turut menemani korban di dalam Gua Langse. Alhamdulillah pagi tadi korban sudah berhasil kita evakuasi," tutupnya.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed