DetikNews
Sabtu 21 April 2018, 10:50 WIB

Ratusan Penari Dolalak Ramaikan Sosialisasi Pemilu di Purworejo

Rinto Heksantoro - detikNews
Ratusan Penari Dolalak Ramaikan Sosialisasi Pemilu di Purworejo Aksi penari Dolalak di Purworejo. Foto: Rinto Heksantoro/detikcom
Purworejo - Ratusan penari Dolalak Purworejo, Jawa Tengah beraksi secara massal. Hal tersebut dilakukan guna menyongsong satu tahun pemilu serentak tahun 2019 melalui pagelaran seni budaya.

Penari Dolalak yang berlenggak lenggok di Alun-alun Kota Purworejo juga berkolaborasi dengan para pantomimer. Pagelaran seni Dolalak sendiri diambil sebagai sarana sosialisasi karena merupakan tarian khas yang sudah menjadi ikonnya Purworejo.

"Ya untuk mensosialisasikan pemilu tentunya, sesuai dengan tema kali ini yakni Melalui Pagelaran Seni Budaya Membangun Pemilih Berdaulat Guna Menyukseskan Pemilu Serentak 2019. Kami sengaja memakai tarian Dolalak yang merupakan ikonnya Purworejo," ucap Ketua KPU Purworejo, Dulrohim yang ditemui detikcom di alun-alun kota Purworejo, Sabtu (21/4/2019).

Hal tersebut diambil karena dianggap efektif dan akan mengena ke sasaran. Tidak hanya ditujukan untuk warga masyarakat umum saja, namun para penari yang notabene menjadi calon pemilih pemula juga menjadi sasaran utama.

"Saya rasa sangat efektif ya, karena masyarakat umum juga bisa menyaksikan secara langsung sosialisasi melalui pagelaran seni ini. Penari juga bukan hanya sekedar menari tapi juga menjadi sasaran kami karena merupakan calon pemilih pemula," lanjut Dulrohim.

Aksi penari Dolalak di Purworejo. Aksi penari Dolalak di Purworejo. Foto: Rinto Heksantoro/detikcom

Acara tersebut diawali dengan pelepasan balon dan burung merpati. Sebanyak 16 parpol yang akan mengikuti pemilu pada 17 April 2019 juga dikenalkan. Dengan sosialisasi tersebut, diharapkan penyelenggaraan pemilu 2019 nanti dapat berjalan dengan aman dan tertib.

"Untuk target pemilih 2019 kita belum tentukan, tapi untuk Pilgub 2018 ini kita targetkan minimal 70 persen, yang penting semua pemilihan berjalan dengan aman dan kondusif," pungkasnya.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed