DetikNews
Jumat 20 April 2018, 20:51 WIB

Debat Cagub Jateng

Ini Cara 2 Paslon Pilgub Jateng Cegah Radikalisme Agama

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Ini Cara 2 Paslon Pilgub Jateng Cegah Radikalisme Agama Foto: Imam Suripto/detikcom
FOKUS BERITA: Debat Cagub Jateng
Semarang - Kedua paslon Pilgub Jateng diminta menanggapi banyaknya kasus kekerasan yang dilakukan karena radikalisme agama. Ganjar Pranowo dan Taj Yasin lebih dahulu memberikan jawaban.

Pembawa acara menyajikan data yang menyebut banyaknya kasus kekerasan yang pernah terjadi di Indonesia. Berturut-turut dari 2012 hingga 2016, terdapat 17 kasus, 6 kasus, 10 kasus, 14 kasus dan terakhir 20 kasus kekerasan.

Kekerasan tersebut dinilai dapat diatasi melalui pendekatan kebudayaan. Ganjar menilai radikalisme dapat berkurang dengan saling berdiskusi dengan rukun.

"Dalam musrenbang kita coba datang. Yang paling bagus, guyub, rembukan. Lalu dengan pelibatan ulama, forkompinda untuk mencegah radikalisme. Mereka kami ajak bicara dan menentukan keputusan," kata Ganjar.

Selain itu, dia menekankan pentingnya pendidikan karakter untuk dengan melibatkan budayawan hingga perguruan tinggi.

"Kita libatkan perguruan tinggi, kita ajak budayawan masuk, hoaks kalau perguruan tinggi tidak dilibatkan. Itu cara menambah literasi kepada mereka, bahwa Jateng itu benteng Pancasila, benteng NKRI," ungkapnya.

Sementara Sudirman Said menilai pentingnya peran pemimpin untuk bersikap adil ketika memimpin.

"Pemimpin mesti di tengah, menyentuh semua rakyat dengan adil, semua masalah bisa kita redam," ujar Sudirman.

Dia menambahkan bahwa Jawa Tengah memiliki budaya yang kaya. Dengan meneladani budaya, dipastikan tidak akan ada kasus radikalisme.

"Jateng ini seperti tempat menyatunya banyak warna. Agama berkembang di sini, budaya besar berkembang di sini. Kita harus bisa mengambil nilai kebaikan, kejujuran, gotong royong. Kalau ini dijadikan sikap keteladanan, radikalisme tidak akan terjadi," katanya.
(bgs/bgs)
FOKUS BERITA: Debat Cagub Jateng
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed