DetikNews
Selasa 17 April 2018, 17:03 WIB

Saat Buya Syafii Berharap Golput Berkurang di Pilkada dan Pilpres

Ristu Hanafi - detikNews
Saat Buya Syafii Berharap Golput Berkurang di Pilkada dan Pilpres Buya Syafii Maarif usai proses coklit di rumahnya. Foto: Ristu Hanafi/detikcom
Sleman - Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Ahmad Syafii Maarif atau Buya Syafii, memiliki harapan tersendiri menjelang Pilkada 2018 dan Pilpres 2019. Hal itu terkait suhu politik yang akhir-akhir ini semakin memanas.

"Mari kita jaga demokrasi dengan baik, dengan komitmen kebangsaan dan ke-Indonesia-an," kata Buya, seusai menerima petugas KPU DIY terkait tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) daftar pemilih Pileg dan Pilpres 2019, di kediamannya Perum Nogotirto Elok II, Kecamatan Gamping, Sleman, Selasa (17/4/2018).

Buya pun mengajak seluruh lapisan masyarakat menjaga kerukunan dan keutuhan NKRI. "Mudah-mudahan bangsa kita bertahan sampai sehari sebelum kiamat," doa Buya.

Tak hanya itu, Buya juga mengajak warga negara yang telah memiliki hak pilih dalam Pilkada, Pileg, maupun Pilpres, agar menggunakan hak konstitusionalnya dengan baik.

"Saya harap yang golput berkurang, dulu tinggi. Kecewa boleh kecewa (dengan hasilnya), tapi demokrasi butuh pengorbanan, mudah-mudahan di tahun Pilkada dan Pemilu berkuranglah ya (golputnya)," imbuhnya.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed