DetikNews
Selasa 17 April 2018, 15:02 WIB

Keluhan Peserta UNBK Susulan: Soal Lebih Sulit, Waktu Dikurangi

Uje Hartono - detikNews
Keluhan Peserta UNBK Susulan: Soal Lebih Sulit, Waktu Dikurangi UNBK susulan di Banjarnegara (Foto: Uje Hartono/detikcom)
Banjarnegara - Sejumlah peserta ujian nasional berbasis komputer (UNBK) mengaku soal UNBK susulan untuk matematika lebih sulit dibanding saat ujian pertama. Bahkan di beberapa sekolah jam mengerjakan berkurang 30 menit.

Vira Yuniar salah satu peserta UNBK susulan dari SMAN 1 Banjarnegara mengaku soal susulan untuk mata pelajaran matematika lebih sulit dibanding saat UNBK 10 April 2018 lalu. Meski ia mengaku persiapan lebih matang, namun banyak soal tidak sesuai simulasi ujian nasional.

"Kemarin soal yang hilang 20 nomor. Mungkin karena itu, saya hanya menyiapkan materi-materi yang sudah saya kerjakan pada UNBK lalu," ujarnya usai mengikuti UNBK susulan Selasa (17/4/2018).


Namun demikian, ia menuturkan jika soal UNBK susulan lancar yakni 40 soal semuanya keluar. Menurutnya, soal UNBK susulan untuk pelajaran matematika lebih mirip dengan soal-soal ujian masuk perguruan tinggi negeri.

Hal yang sama disampaikan peserta UNBK susulan lainnya, Burlian Viqar. Siswa SMAN 1 Banjarnega juga menuturkan jika soal UNBK susulan lebih sulit.

"Rasanya sekarang lebih susah meski persiapan lebih matang," kata siswa yang sebelumnya hanya mengerjakan 17 nomor soal karena tidak keluar.

Keluhan lain disampaikan Khaffah Visa Alfiolita. Siswa MA negeri 2 Banjarnegara mengeluhkan jika waktu dalam mengerjakan soal lebih sedikit dibanding saat UNBK lalu. Jika sebelumnya 2 jam, untuk UNBK susulan hanya 90 menit.

"Sebenarnya persiapan lebih matang tapi ini jam mengerjakan soal lebih sebentar. Jadi sebagian saya kerjakan asal-asalan karena harus dikerjain semua agar bisa di logout," ungkapnya.


Saat UNBK lalu, Khaffah hanya mengerjakan 15 soal matematika karena soal yang lain hilang.

Saat dikonfirmasi, pantia UNBK susulan di MA negeri 2 Banjarnegara, Natir, mengatakan pengurangan jam mengerjakan karena UNBK susulan mulainya lebih siang. Jika sebelumnya pukul 08.00 WIB pada UNBK susulan dimulai pukul 10.20 WIB.

"Dan karena jumlah komputer masih kurang sehingga dibagi menjadi 3 sesi. Sehingga mempengaruhi jam mengerjakan soal untuk UNBK susulan ini," jelasnya.
(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed