DetikNews
Selasa 17 April 2018, 14:00 WIB

Polisi Kudus Bongkar Produsen Miras Berkedok Vulkanisir Ban

Akrom Hazami - detikNews
Polisi Kudus Bongkar Produsen Miras Berkedok Vulkanisir Ban Penggerebekan produsen miras di Kudus. (Foto: Akrom Hazami/detikcom)
FOKUS BERITA: Maut Miras Oplosan
Kudus - Sebuah bangunan pabrik dan gudang miras berkedok usaha vulkanisir ban di Kecamatan Kaliwungu, Kudus, digerebek polisi. Puluhan drum dan ribuan botol berisi miras disita. Produsen rumahan itu mampu memproduksi 70-100 botol miras per hari.

Produsen miras rumahan tersebut terletak di Prambatan Lor RT 7 RW 3, Kaliwungu, Kudus. Penggerebekan dilakukan polisi Selasa (17/4/2018).

"Iya, ada penggerebekan. Masih dalam pemeriksaan," kata Kapolres Kudus, AKBP Agusman Gurning.

Bangunan yang berada di tengah permukiman padat itu sehari-harinya merupakan tempat vulkanisir ban. Namun di bangunan lain terdapat gudang penyimpanan miras. Serta bangunan paling ujung merupakan tempat pembuatan.

Ketika penggerebekan dilakukan, tak tampak satu pun ada aktivitas pembuatan. Hal itu membuat warga sekitar penasaran.
Polisi Kudus Bongkar Produsen Miras Berkedok Vulkanisir BanPuluhan drum berisi miras. (Foto: Akrom Hazami/detikcom)

Puluhan drum dan ribuan botol berisikan miras maupun kosong, disita dalam penggerebekan tersebut. Sejumlah kardus berisikan botol miras juga tak luput dari penyitaan.

Edi, salah seorang warga setempat mengatakan, dia tidak tahu dengan adanya aktivitas pabrik miras di lingkungannya. "Saya tidak tahu kalau ternyata ada pabrik miras," katanya kepada wartawan di lokasi.

Setahunya, kata dia, tempat itu merupakan lokasi vulkanisir ban. Terbukti di lokasi ada banyak tumpukan ban. Saat ini, pintu gerbang pabrik sudah dipasangi garis polisi. Tak ada lagi aktivitas, baik di pabrik, maupun di tempat tersebut.

Beberapa polisi terlihat beberapa kali hilir mudik ke lokasi. Bahkan satu unit truk polisi dikerahkan untuk mengangkut sejumlah barang bukti miras.

Dani (24) pekerja di pabrik miras itu mengatakan, sepengetahuannya ada tiga orang pekerja yang setiap harinya berada di lokasi. Pabrik beroperasi sejak 1,5 tahun yang lalu. "Dengan produksi sekitar 70-100 botol miras per hari," katanya.
(mbr/mbr)
FOKUS BERITA: Maut Miras Oplosan
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed