Tips dan Canda dari SBY Saat Bertemu Pengrajin Keset di Semarang

Eko Susanto - detikNews
Kamis, 12 Apr 2018 13:27 WIB
SBY dan Ani Yudhoyono melihat keset bikinan pengrajin di Kabupaten Semarang. Foto: Eko Susanto/detikcom
Semarang - Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sempat bertemu dengan sejumlah pengrajin keset di Kabupaten Semarang. Dalam kesempatan itu, SBY memberikan masukan untuk mereka.

"Memasarkan produk bisa melalui pameran-pameran atau iklan di media sosial, facebook, instagram. Selalu ada ruang promosi," kata SBY saat dialog dengan pengrajin keset di Desa Wonoyoso, Kecamatan Pringapus, Kabupaten Semarang, Kamis (12/4/2018).

Dalam rangkaian SBY Tour Jawa Tengah, SBY didampingi oleh Ani Yudhoyono, Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto, Mantan Menteri Koperasi dan UKM Syarief Hasan serta lainnya. Saat dialog tersebut, SBY melontarkan candaan dengan menyebutkan bedanya keset dan kaset.

"Keset kebutuhan rrumh tangga untuk kebersihan, keindahan dan kesehatan. Keset juga dikonsumsi rumah tangga. Kalau kaset menjadi terhibur," ujarnya sambil tersenyum.

Para pengrajin keset di tempat itu yang semula serius seketika berubah menjadi tawa mendengar canda SBY.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Bupati Semarang Ngesti Nugraha mengatakan, pelaku UMKM di Kabupaten Semarang paling banyak di bidang pengolahan makanan. Para UMKM tersebut keberadaannya tersebar di 19 kecamatan, salah satunya di Kecamatan Pringapus.

"Pelaku UMKM yang tercatat ada 11.618 unit," ujarnya.

Sedangkan Ketua Koperasi Melati Roh Prihati mengatakan, anggota koperasi sebanyak 700 orang dengan usaha membuat keset dan pernak-pernik dari kain perca.

"Dengan memanfaatkan kain perca di awal berkarya membuat keset. Kenapa keset karena keset dipakai semua orang, harga terjangkau," tuturnya. (sip/sip)