detikNews
Rabu 04 April 2018, 23:07 WIB

Menteri Koperasi Bernostalgia di Candi Prambanan

Ristu Hanafi - detikNews
Menteri Koperasi Bernostalgia di Candi Prambanan Foto: Ristu Hanafi/detikcom
Sleman - Menteri Koperasi dan UKM, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga bernostalgia di acara pembukaan Rakornas Koperasi dan UMKM 2018 di Panggung Ramayana Candi Prambanan. Di sela memberikan sambutan, Puspayoga mengaku Candi Prambanan merupakan salah satu lokasi yang rutin dikunjunginya ketika masa SMA.

"Candi Prambanan biasa saya kunjungi tahun 1980-an, saya masih SMA. Di Bali ada momen libur khusus, setahun saya minimal jalan ke Yogya 2 kali," kata Puspayoga di depan sejumlah kepala daerah dan ratusan pejabat daerah bidang koperasi dan UMKM se-Indonesia yang hadir dalam Rakornas, Rabu (4/4/2018) malam.

Diakuinya, ketika berkunjung ke Candi Prambanan, dia selalu menyempatkan waktu untuk menonton pertunjukan Sendratari Ramayana.

"Saya tak pernah lewatkan tempat ini untuk nonton Ramayana Balet. Sampai sekarang pertunjukan masih ada, luar biasa pemerintah Yogya bisa mempertahankan pertunjukan ini. Ini tidak gampang, sudah berpuluh tahun. Suasana sangat eksotik dan menawan, maka pantaslah Yogya disebut Yogya Istimewa," ucapnya yang disambut tepuk tangan riuh dari para tamu undangan yang hadir.

Nostalgia Puspayoga terasa lengkap karena di pengujung acara pembukaan Rakornas ini, panitia menyuguhkan Sendratari Ramayana. Didampingi Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, Puspayoga dengan antusias menonton pertunjukan.

Para tamu undangan pun tak beranjak dari tempat duduk masing-masing untuk turut menonton pertunjukan tari yang menceritakan perjuangan Rama menyelamatkan istrinya, Sinta yang diculik oleh Rahwana.
(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com