DetikNews
Rabu 04 April 2018, 14:51 WIB

Mantan Wali Kota Solo Slamet Suryanto Wafat

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Mantan Wali Kota Solo Slamet Suryanto Wafat Mantan wali kota Surakarta wafat. (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo - Mantan Wali Kota Surakarta, Slamet Suryanto, tutup usia. Sebelum dimakamkan, jenazah disemayamkan di Balai Kota Surakarta, Rabu (4/4/2018). Dia dikenal sebagai loyalis Megawati.

Jenazah tiba di halaman Balai Kota Surakarta pukul 13.00 WIB. Peti jenazah yang dibalut kain hijau dan untaian melati itu kemudian diangkat petugas Satpol PP menuju Pendapi Gede.

Aparatur Sipil Negara (ASN) yang kemudian menggelar upacara penghormatan kepada wali kota era sebelum Joko Widodo itu. Upacara dipimpin oleh Wali Kota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo.

Usai upacara penghormatan, jenazah lalu disalatkan di Masjid Baitul Hikmah, kompleks Balai Kota Surakarta. Jenazah kemudian dimakamkan di TPU Bonoloyo, Banjarsari, Solo.

Dalam upacara, Rudy, sapaan wali kota, menyampaikan bahwa Slamet Suryanto telah banyak memberikan kontribusi bagi Kota Solo. Dia menyebut Slamet sebagai pekerja keras dan orang yang disiplin.

"Semasa bertugas, beliau merupakan seorang pekerja keras dan selalu disiplin. Jasa-jasa beliau selama memimpin Kota Surakarta akan selalu dikenang oleh masyarakat," katanya.

Slamet Suryanto merupakan Wali Kota Surakarta periode 2000-2005. Sebelumnya, Slamet pernah menjadi anggota DPR RI pada 1999-2000.

Slamet juga dikenal sebagai kader Partai Demokrasi Indonesia (PDI) loyalis Megawati Soekarnoputri. Saat PDI terpecah, dia tegas mendukung Megawati, sampai nama PDI Pro-Mega dikenal masyarakat.

"Saya ingat bersama beliau memperjuangkan Pro-Mega sampai ke Jakarta. Modalnya hanya nasi bungkus," ujar Rudy.

Slamet meninggal dunia Selasa (3/4/2018) malam pada usia 73 tahun. Dia meninggal karena sakit yang telah lama diderita. Dia meninggalkan seorang istri dan tiga orang anak.
(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed