Momen Puan Tanya Tips Hafal Alquran ke Hafiz Cilik

Ristu Hanafi - detikNews
Selasa, 03 Apr 2018 12:27 WIB
Menko PMK di Ponpes Tahfizh Al Quran De Muttaqin Sleman. Foto: Ristu Hanafi/detikcom
Sleman - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani mengunjungi Pesantren Tahfizh Al Quran De Muttaqin Sleman. Dalam kesempatan ini, Puan sempat berbincang dengan beberapa santri.

Di pesantren ini seluruh santrinya merupakan anak yatim usia sekolah dasar. Para santri ditarget hafal 30 juz Alquran setelah lulus dari pesantren.

Dari 21 orang santri, 5 orang sudah hafal 30 juz. Puan pun sempat mengetes hafalan dua orang santri hafiz tersebut, yakni Kamil Ramadhan santri asal Magelang dan Ahmad Ghazali asal Tegal.


Setelah dites beberapa ayat, surat, dan halaman hingga baris dalam Alquran, Puan sempat berbincang dan bertanya bagaimana cara menghafal Alquran.

"Kok bisa hafal sih," tanya Puan ke Kamil di pondok pesantren yang terletak di Jalan Beringin No 88, Maguwoharjo, Sleman, Selasa (3/4/2018).

"Dibaca terus-terusan, fokus (menghafal)," jawab Kamil yang bercita-cita kuliah di UGM ambil jurusan Teknologi Informasi ini.

"Ini kalau bukan dari Allah, tidak mungkin. Ini bakat yang mereka miliki, kita sangat berbangga hati. Ahmad dan Kamil, dan tiga rekannya hafal 30 juz, memang belum banyak tapi insyaallah (santri hafiz) akan bertambah," timpal Puan.

Sebelumnya, Puan juga bertanya kepada para santri seperti apa rutinitas mereka selama di pesantren.

"Bangun pagi jam 03.00, salat tahajud, dzikir, salat subuh, pagi belajar, siang istirahat, jam 14.00 mulai belajar lagi sampai sore, lalu malam belajar sampai pukul 22.00," jawab Ahmad.

Ahmad yang baru 1,5 tahun masuk Pesantren De Muttaqin ini memiliki cita-cita menjadi dokter.

"Bantu orang miskin," alasannya ketika ditanya Puan mengapa ingin jadi dokter.

Seusai kunjungan ke Pesantren De Muttaqin, Menteri Puan melanjutkan agenda kunjungan ke RS PKU Muhammadiyah Gamping, kemudian ke Madrasah Muallimat Muhammadiyah Yogya, dan meninjau latihan atlet panjat tebing di Stadion Mandala Krida. (sip/sip)