DetikNews
Senin 02 April 2018, 11:28 WIB

Pedagang Pulsa DIY-Jateng Demo Registrasi SIM Card Dibatasi

Edzan Raharjo - detikNews
Pedagang Pulsa DIY-Jateng Demo Registrasi SIM Card Dibatasi Demo penjual pulsa di titik Nol Kilometer Yogyakarta. Foto: Edzan Raharjo/detikcom
Yogyakarta - Massa pedagang konter pulsa se-DIY dan Jateng yang tergabung dalam Kesatuan Niaga Celluler Indonesia (KNCI) turun ke jalan. Mereka menggelar demo di Titik Nol Kilometer Yogyakarta menolak aturan 1 NIK 3 SIM card.

Aksi diawali dari Alun-alun Utara Yogyakarta kemudian longmarch ke Titik Nol Kilometer. Mereka membentangkan berbagai spanduk antara lain bertuliskan: 'Bar Disikat Bu Sri Saiki Dijegal Pak Rudi, Haduh Biyung', 'Apa Salah Kami Sehingga Kau Batasi', 'Save Tradisional Outlet', 'Tolong Diubah Aturannya Pak Menteri,' dan lain sebagainya.

"Kami menolak aturan Kominfo tentang pembatasan 1 NIK untuk 3 Simcard. Karena aturan itu berpotensi membunuh usaha konter pulsa," kata ketua KNCI Jateng-DIY Muhamad Nur Khotim di Titik Nol Kilometer Yogyakarta, Senin (2/4/2018).

Akibat ada aturan tersebut, pelaku usaha konter pulsa mengalami penurunan omzet hingga 25%. Penuruan ini terus terjadi dan dikhawatirkan akan membuat gulung tikar.

Kondisi tersebut tentu akan menambah jumlah pengangguran. Apalagi selama ini usaha konter pulsa dinilai telah membuka jutaan lapangan pekerjaan.

"Se-Indonesia ada sekitar 5 juta lapangan pekerjaan (berkaitan dengan jual beli SIM card). Apabila sampai mati sangat merugikan," tambahnya.

Mereka menuntut pemerintah untuk menghapuskan aturan pembatasan 1 NIK 3 Simcard, pemerintah harus berani menjamin keamanan data masysarkat, Menkominfo harus bertanggungjawab karena telah 'membohongi' outlet melalui keputusan Dirjen PPI yang disampaikan terbuka dihadapan stakeholder telekomunikasi seluler pasa 7 November 2017, meminta Presiden Joko Widodo ikut menyelesaikan dan memenuhi permintaan mereka.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed