DetikNews
Kamis 29 Maret 2018, 16:41 WIB

Bangganya Wali Kota Semarang dengan Sripun yang Pikat Beckham

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Bangganya Wali Kota Semarang dengan Sripun yang Pikat Beckham Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Semarang - Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi bangga dengan Sripun, siswi SMPN 17 Semarang yang menarik perhatian David Beckham lewat aksi anti perundungan atau anti bullying di lingkungannya.

Hendrar atau yang akrab disapa Hendi menemui Sripun di sela peletakan batu pertama masjid di SMPN 17 Semarang. Namun pertemuan mereka tidak lama, hanya bersalaman dan saling sapa sebentar.

Hendi mengimbau agar pemberitaan gadis bernama lengkap Sri Pundati itu tidak terlalu besar dan biarkan ia menjalani kehidupannya seperti biasa. Lagipula tidak lama lagi Sripun akan menjalani ujian.

"Posisi anak-anak remaja berbeda, kalau kemarin sudah diekspose, mari kendalikan agar sekarang dia fokus belajar. Khawatir kalau ditanya terus grogi. Ini hanya imbauan, ya," kata Hendi di SMPN 17 Semarang, Kamis (29/3/2018).

Meski demikian, Hendi bangga dengan langkah Sripun dan kawan-kawannya melalui Agen Perubahan bisa membawa perubahan positif untuk mengentikan praktik perundungan.

"Konon katanya ada tim yang memerangi bullying di sini. Ini penting, sekarang sudah tidak model senior menghukum junior. Yang dibutuhkan Indonesia yaitu kolaborasi, kerjasama, yang senior bantu juniornya, yang junior dukung seniornya. Jadi tidak ada membully fisik atau lisan," ujar Hendi kepada para siswa SMPN 17 Semarang.

Agen Perubahan merupakan agen yang menyebarkan kampanye anti perundungan yang dilatih oleh Unicef. Menurut Kepala SMPN 17, Haryanto, keberadaan Agen Perubahan dimulai bulan September tahun lalu.
Bangganya Wali Kota Semarang dengan Sripun yang Pikat BeckhamFoto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom

"Yang menunjuk dari Unicef, diberi pelatihan," kata Haryanto.

Ada 40 siswa yang terpilih, mereka melakukan kampanye anti perundungan mulai dari teman-teman terdekat. Bentuk kegiatannya pun tidak harus berupa pertemuan namun bisa lisan antar teman.

"Dari agen ke temannya dulu, jadi ini mengajak untuk tidak membully," ujarnya.

Pihak sekolah bahkan mendukung untuk membuat lomba poster anti perundungan. Hasilnya poster itu terpampang di tembok-tembok sekolah. Bahkan di Insta Story David Beckham diposting salah satu kata-kata yang disukainya yaitu, "Panggil aku dengan namaku".

Sripun menjadi viral setelah mengambil alih Insta Story David Beckham selama sehari. Beckham yang merupakan duta kehormatan Unicef itu berkunjung ke Semarang selama dua hari yaitu Selasa (27/3) dan Rabu (28/3) untuk bertemu siswa-siswa anti bullying.

[Gambas:Video 20detik]


(alg/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed