Kampanye Pilgub Jateng

Sambangi Pasar Kajen Pekalongan, Gus Yasin Soroti Gunungan Sampah

Robby Bernardi - detikNews
Rabu, 28 Mar 2018 15:44 WIB
Gus Yasin saat di Pasar Kajen, Pekalongan. Foto: Robby Bernardi/detikcom
Gus Yasin saat di Pasar Kajen, Pekalongan. Foto: Robby Bernardi/detikcom
Pekalongan - Calon Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin menyambangi Pasar Kajen di Kabupaten Pekalongan. Di kesempatan ini pria yang akrab disapa Gus Yasin ini menyoroti tumpukan sampah di pasar tersebut.

Tumpukan sampah di pasar ini tidak berada pada tempatya. Ada 3 kios di lantai dua yang digunakan untuk menyimpan sampah yang baunya cukup menusuk hidung. Terlihat sekitar 20-an keranjang sampah menumpuk.

"Kita lihat tadi sampah masih saja menumpuk. Dan katanya 2 hari baru diambil. Sehari saja sudah banyak begitu apalagi 2 hari," kata Gus Yasin, Rabu (28/3/2018).

Dalam kesempatan yang sama Gus Yasin meminta pada pemerintah kabupaten untuk bersama-sama membuat suasana pasar menjadi lebih nyaman.

"Ini harus ditertibkan, saya minta pada pemerintah kabupaten, yuk, kita bareng-barenglah kita enakan pasar kita, supaya pelanggan dan pedagangnya tidak bau dan lain sebagainya," ajaknya.

Sakdullah (43) salah seorang pemerhati pasar di Kajen, menyayangkan adanya tumpukan pasar yang tidak berada di tempatnya. Ditambah lagi, jadwal pengambilanya dua hari sekali.

"Ya saya sebagai pengunjung pasar merasa risih saja kalau naik ke lantai dua. Pemandangan yang kurang bagus ditambah bau yang cukup menusuk," kata Sakdullah yang juga relawan Santri Gayeng.

Selain soal sampah, Gus Yasin sempat mengobrol dengan para pedagang sayuran dan sembako terkait kenaikan harga kebutuhan pokok.

"Untuk harga kebutuhan pokok tadi ada kenaikanlah. Tapi isnyaallah hari ini terus kita pantau, dari harga yang sesuai," katanya.

Gus Yasin juga akan melakukan kordinasi dengan para pejabat daerah guna ikut melakukan pengawasan terhadap pasar-pasar tradisional di Jawa Tengah.

Usai blusukan ke pasar tradisional di Kajen, rencananya hingga sore nanti, Gus Yasin akan berkeliling di Kabupaten Pekalongan untuk berkunjung ke sejumlah pondok pesantren. (sip/sip)