Melongok 'Rumah Berlari' Tempat Istirahat Ganjar Selama Kampanye

ADVERTISEMENT

Pilgub Jateng 2018

Melongok 'Rumah Berlari' Tempat Istirahat Ganjar Selama Kampanye

Uje Hartono - detikNews
Senin, 26 Mar 2018 18:33 WIB
Omah mlayu, bus kampanye Ganjar Pranowo (Foto: Uje Hartono/detikcom)
Banjarnegara - Ada yang berbeda dari iring-iringan rombongan calon gubernur Jateng, Ganjar Pronowo, di Banjarnegara, Senin (26/3/2018). Kini, saat bersafari keliling Jawa Tengah, calon petahana ini selalu diikuti bus yang sudah dibranding gambar dirinya bersama pasangannya, Taj Yasin.

Namun, ini bukanlah bus biasa. Melainkan bus yang dinamai Omah Mlayu dan digunakan Ganjar Pranowo untuk melepas lelah di sela-sela kampanye jelang Pilgub 27 Juni 2018 mendatang. Rasa nyaman dan tenang pun terasa saat berada di dalam bus tersebut.

Omah mlayu secara harfiah artinya rumah berlari. Tidak heran, karena isi dari bus ini lengkap layaknya perabotan di dalam rumah pada umumnya. Sebut saja fasilitas sofa, meja-kursi, kamar tidur hingga kursi pijat tersedia di dalam bus yang terbagi menjadi dua ruangan ini.

<I>Omah Mlayu</I>, Bus Rumah Istirahat Ganjar di Jalan Selama KampanyeDidesain untuk melepas lelah selama perjalana kampanye (Foto: Uje Hartono/detikcom)

Ditemui di Banjarnegara, Ganjar Pranowo menuturkan keberadaan bus Omah Mlayu ini sangat membantu dirinya saat berkeliling Jawa Tengah. Apalagi, dengan kondisi wilayah Jawa Tengah yang cukup luas.

"Konsep Omah Mlayu ini karena saya belajar dari pengalaman Pilgub 2013 lalu. Karena Jawa Tengah ini sangat luas, sehingga dari titik ke titik luamayan capek maka perlu istirahat yang berkualitas," kata dia, Senin (26/3/2018).

<I>Omah Mlayu</I>, Bus Rumah Istirahat Ganjar di Jalan Selama KampanyeAda tempat tidur di dalamnya (Foto: Uje Hartono/detikcom)

Ia mencontohkan saat perjalanan dari Magelang ke Banyumas beberapa waktu lalu. Melihat perjalanan yang membutuhkan waktu sekitar tiga jam, bisa digunakan untuk istirahat. Apalagi di dalam bus terdapat tempat tidurnya.

<I>Omah Mlayu</I>, Bus Rumah Istirahat Ganjar di Jalan Selama KampanyeDilengkapi dengan perabot rumah tangga. (Foto: Uje Hartono/detikcom)

Bahkan, selain bisa digunakan untuk beristirahat, juga bisa meregangkan otot-otot dan membuat fresh dengan fasilitas kursi pijat di dalam bus. "Bus ini membikin nyaman perjalanan. Bahkan saya sering pijat di dalam bus karena ada kursi pijatnya," tuturnya.

<I>Omah Mlayu</I>, Bus Rumah Istirahat Ganjar di Jalan Selama KampanyeAda juga kursi pijat. (Foto: Uje Hartono/detikcom)

Selain digunakan untuk istirahat, bus ini juga digunakan untuk berkumpul dengan teman-teman tim kampanye. Termasuk untuk menyampaikan keluhan-keluhan warga baik kepada teman-teman di pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten ataupun dari kepolisian

"Karena saya sedang cuti, tetapi masukan atau keluhan masih ada yang disampaikan kepada saya. Jadi dari bus itu biasanya saya berkoordinasi dengan mereka," ujarnya.

<I>Omah Mlayu</I>, Bus Rumah Istirahat Ganjar di Jalan Selama KampanyeTampilan Omah Mlayu dari luar. Foto: Uje Hartono/detikcom)

Namun, Ganjar menuturkan, untuk perjalanan pendek ia memilih menggunakan mobil biasa. Karena, akan lebih mudah dan cepat untuk perjalanan jarak dekat.

"Kalau jarak jauh panjang saya pakai bus, tetapi kalau dekat-dekat menggunakan mobil biasa," kata Ganjar. (mbr/mbr)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT