DetikNews
Jumat 23 Maret 2018, 16:21 WIB

TNI akan Gelar Operasi Kemanusiaan di Sorong Selatan

Usman Hadi - detikNews
TNI akan Gelar Operasi Kemanusiaan di Sorong Selatan Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, di Gunungkidul. (Foto: Usman Hadi/detikcom)
Gunungkidul - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan, pihaknya akan melakukan operasi kemanusiaan di Sorong Selatan, Papua. Sebab, masyarakat di Sorong Selatan kondisi demografi dan sosialnya hampir sama dengan Asmat.

"Sebentar lagi kita juga akan masuk di wilayah Sorong Selatan. Di mana geo, demo dan kondisi sosialnya sama dengan Asmat," kata Panglima Hadi sesuai menghadiri bakti sosial di Lapangan Desa Bedoyo, Kecamatan Ponjong, Gunungkidul, Jumat (23/3/2018).

Menurutnya, memang saat ini TNI sedang gencar-gencarnya melaksanakan operasi kemanusiaan. Operasi kemanusiaan tersebut adalah bagian dari operasi militer selain perang yang dilakukan TNI.

"Kita masuk ke wilayah-wilayah yang memerlukan, sebagai contoh adalah Asmat," paparnya sembari menambahkan bahwa TNI tidak menutup kemungkinan melakukan operasi kemanusiaan di wilayah lain yang membutuhkan.

Baca juga: Panglima TNI Hadiri Bakti Sosial di Gunungkidul

Sebelumnya, TNI menerjunkan Satgas Kesehatan untuk membantu penanganan wabah campak dan gizi buruk di Asmat. Operasi kemanusiaan yang dilakukan TNI tersebut untuk mempercepat penanggulangan bencana.

Hadi Tjahjanto juga menegaskan bahwa saat ini TNI-Polri selalu bersinergi dalam segala hal. Terutama dalam membantu masyarakat. "TNI, Polri, akan selalu mendukung apa yang menjadi kebutuhan masyarakat," kata Panglima.

Agar upaya membantu masyarakat maksimal, Panglima Hadi menyebut lembaga TNI dan Polri harus saling bersinergi. Dengan begitu, berbagai persoalan bangsa yang dihadapi saat ini bisa diatasi.

"TNI dan Polri harus bekerjasama untuk mendukung seluruh komponen bangsa dan kepentingan rakyat bangsa dan negara," tegasnya.
(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed