DetikNews
Jumat 23 Maret 2018, 03:21 WIB

Pilgub Jateng 2018

Ganjar Dorong Bisnis Warung Kopi Jadi Industri Kreatif

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Ganjar Dorong Bisnis Warung Kopi Jadi Industri Kreatif Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Solo - Kopi nusantara yang mendunia sudah barang tentu menjadi potensi besar bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Tak hanya untuk diekspor, kopi juga diharapkan dapat tumbuh menjadi industri kreatif.

Hal itu disampaikan Calon Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam diskusi Ngopi Gayeng di Studio Kopi Ndalem Eyang, Jalan Pajajaran Timur, Sumber, Banjarsari, Solo, Kamis (22/3/2018) malam.

Ganjar mencontohkan, melalui berbagai macam teknik penyeduhan dapat memberikan nilai tambah bagi kopi itu. Dengan begitu, nilai jual kopi menjadi lebih tinggi.

"Seperti di Aceh itu lihat orang bikin minuman sambil atraksi kan seneng. Itu menjadi tontonan yang menarik. Kopi juga bisa diolah jadi espresso dan lainnya, harganya bisa jauh lebih mahal," kata Ganjar.

Pengusaha pun diminta lebih kreatif dalam menata warung kopinya. Tidak hanya sebagai tempat nongkrong, warung kopi juga bisa menjadi wadah pemuda berdiskusi dan berkreasi.

"Ruangan ini bisa dijadikan co-working space. Kedainya dikemas jadi tempat yang asik, bisa ngobrol politik, bisnis. Kopi kemudian menjadi perekat, meeting point," ujar dia.

Lebih lanjut, Ganjar mengatakan merebaknya warung kopi menumbuhkan bibit-bibit wirausahawan yang membuka banyak lapangan pekerjaan.

"Kalau orang bisa bangun warung kopi, jangan jadi pegawai. Ciptakan lapangan kerjaan. Dimulainya dari yang kecil. Inilah industri awal yang harus kita dorong, dukung dan tularkan," katanya.
(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed