DetikNews
Kamis 22 Maret 2018, 19:22 WIB

Hujan Deras dan Angin Kencang, Belasan Pohon di Kebumen Tumbang

Rinto Heksantoro - detikNews
Hujan Deras dan Angin Kencang, Belasan Pohon di Kebumen Tumbang Salah satu pohon yang tumbang di Kebumen sore ini. Foto: Dok BPBD Kebumen
Kebumen - Hujan deras disertai angin kencang yang mengguyur Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah sejak siang hingga sore tadi. Akibatnya belasan pohon tumbang, beberapa di antaranya menimpa rumah warga.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa yang juga menyebabkan 6 rumah warga rusak ini.

Sedikitnya 6 rumah warga di 6 desa dalam 3 kecamatan rusak akibat tertimpa pohon. Di Kecamatan Adimulyo, terdapat pohon tumbang yang merusak 1 rumah warga di Desa Sidomukti. Sedangkan 4 rumah lain di Desa Arjomulyo juga tak luput dari terjangan pohon tumbang.

Pohon tumbang di Kebumen menutup akses jalan. Pohon tumbang di Kebumen menutup akses jalan. Foto: Dok BPBD Kebumen

"Kemudian 1 rumah di Desa Jati Mulyo Kecamatan Kwarasan dan di Desa Banjarsari Kecamatan Gombong juga ada 1 rumah yang rusak. Sedangkan total pohon yang roboh ada sekitar 16 pohon dan 6 tiang listrik juga roboh," ungkap Humas Pusdalops BPBD Kebumen, Heri Purwoto (39) ketika dihubungi detikcom, Kamis (22/3/2018).

Salah satu pohon tumbang di Kebumen menimpa rumah warga. Salah satu pohon tumbang di Kebumen menimpa rumah warga. Foto: Dok BPBD Kebumen

Tidak hanya rumah warga yang rusak, robohnya pohon dan tiang listrik juga menutup akses jalan di beberapa desa.

Bencana ini menyebabkan seorang warga atas nama Sumarno (45) warga Desa Serut, Kecamatan Kwarasan mengalami luka berat di kepala dan dilarikan ke rumah sakit.

Petugas memangkas pohon tumbang yang menimpa rumah warga di Kebumen. Petugas memangkas pohon tumbang yang menimpa rumah warga di Kebumen. Foto: Dok BPBD Kebumen

"Waktu itu korban sedang nunggu traktornya di pinggir jalan, waktu angin kencang tiba-tiba jaringan kabel PLN roboh dan menimpa korban serta sepeda motor korban sehingga mengalami luka serius di kepala. Korban sudah dibawa ke Rumah Sakit Purwogondo Kwarasan," imbuhnya.

Untuk menanggulangi bencana tersebut, BPBD Kabupaten Kebumen membentuk 3 tim penanganan ditambah tim URC Kecamatan Kwarasan dan tim PLN Kabupaten Kebumen. Tim tersebut bertugas melaksanakan penanganan dan pendataan di beberapa titik lokasi.

"Kami terjunkan 1 mobil rescue, 2 bak mobil pikap dan 2 motor trail. Kemudian 6 chainsaw dan alat pendukungnya. Tim PLN wilayah Gombong dan wilayah Kebumen beserta peralatannya juga kami mintai bantuan," pungkasnya.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed