DetikNews
Kamis 22 Maret 2018, 17:39 WIB

Jalanan di Yogya Ini Mendadak Berbusa-busa, Ada Apa Ya?

Ristu Hanafi - detikNews
Jalanan di Yogya Ini Mendadak Berbusa-busa, Ada Apa Ya? Jalanan penuh busa di Yogyakarta. Foto: Ristu Hanafi/detikcom
Sleman - Pemandangan tak lazim terjadi di Jalan Laksda Adisutjipto, tepatnya di turunan sisi timur fly over Janti, Kecamatan Depok, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Busa menyerupai salju hampir menutup ruas jalan raya yang padat lalu lintas kendaraan tersebut. Bahka warga setempat pun heran dengan peristiwa yang baru pertama kali ini terjadi.

"Baru sekali ini terjadi, aneh," kata Suwandi, kepada wartawan, Kamis (22/3/2018).

Diceritakannya, busa muncul seusai hujan deras yang mengguyur wilayah setempat, sekitar pukul 14.00 WIB. Setelah hujan reda, permukaan jalan berubah warna menjadi putih dan menutup aspal seluruh ruas jalan.

"Tadi hujannya deras, tapi cuma sebentar, tak sampai 30 menit. Lalu di sisa genangan air hujan muncul busa putih ini, semakin banyak dan beterbangan saat ada kendaraan yang lewat," jelasnya.

Suwandi mengaku tidak tahu persis asal busa itu. Dari aromanya tidak tercium bau wangi seperti sabun.

Jalanan penuh busa di Sleman, DIY. Jalanan penuh busa di Sleman, DIY. Foto: Ristu Hanafi/detikcom

Petugas Penilik Ruas Jalan Janti-Prambanan, Satuan Kerja Dirjen Bina Marga DIY, Aditya Kurniawan yang mengecek lokasi kejadian juga belum bisa memastikan asal busa tersebut. Namun dari keterangan sejumlah warga, diduga busa berasal dari atas fly over dan turun terbawa air hujan.

"Kita belum tahu penyebabnya, tapi waktu dibersihkan tadi, tidak bau, hanya terasa gatal dan panas saat kena kulit," jelasnya.

Meski tidak mengakibatkan kecelakaan lalu lintas, namun fenomena munculnya busa di bawah fly over Janti membuat arus lalu lintas tersendat. Karena pengendara kendaraan memilih berjalan pelan-pelan untuk menghindari hal yang tak diinginkan.

"Busa kita bersihkan secara manual," imbuhnya.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed