detikNews
Rabu 21 Maret 2018, 18:20 WIB

TKI Dipancung Di Saudi

Bamsoet: Harus Dilobi Jenazah Zaini Dikembalikan ke Indonesia

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Bamsoet: Harus Dilobi Jenazah Zaini Dikembalikan ke Indonesia Foto: Ilustrasi by Mindra Purnomo
Solo - TKI asal Madura, Zaini Misrin, dihukum pancung di Saudi. Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo, mengaku bisa menghormati pelaksanaan hukum yang berlaku di negara tersebut. Namun dia meminta Pemerintah berupaya melobi agar jenazah Zaini bisa dibawa pulang ke tanah air.

Bambang Soesatyo mengaku menerima laporan bahwa Pemerintah telah berjuang habis-habisan untuk membela Zaini agar terbebas dari hukuman mati. Namun usaha tersebut menemui jalan buntu karena hukum di negara tersebut tetap harus dihormati.

Termasuk dalam pemulangan jenazah Zaini. Pemerintah diminta terus berupaya melobi Pemerintah Arab Saudi agar jenazah dapat dimakamkan oleh keluarga.

"Kita menghormati hukum di negara sahabat. Termasuk kita tidak ingin hukum kita tidak dihargai. Namun tetap kita berupaya meminta, melobi agar jenazah bisa dikembalikan," ujar Bambang kepada wartawan di Solo, Rabu (21/3/2018).

Lebih lanjut, Bambang Soesatyo memandang bahwa peristiwa tersebut tidak boleh terjadi di masa datang.

"Yang penting ke depan bagaimana kita mencegah TKI kita yang terjerat masalah hukum. Tidak hanya di Arab Saudi, tapi di negara lain yang menjadi tempat WNI bekerja," kata Bambang.

Salah satu caranya dengan meningkatkan kualitas TKI. Melalui peningkatan pendidikan dan pengetahuan, TKI diharapkan tidak melanggar hukum di negara tempatnya bekerja.

"Pemerntah harus lebih memperhatikan kualitas, pendidikan, wawasan dan pelatihan bagi TKI agar di negara dia bekerja terhindar dari masalah hukum," lanjutnya.
(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com