DetikNews
Rabu 21 Maret 2018, 09:52 WIB

Perahu Jungkung Karam di Gunungkidul, Satu Nelayan Tewas

Usman Hadi - detikNews
Perahu Jungkung Karam di Gunungkidul, Satu Nelayan Tewas Foto: Dok SAR Baron/detikcom
Gunungkidul - Seorang nelayan di Gunungkidul tewas saat perahunya karam di Pantai Sanglen. Perahu jungkug milik nelayan Gunungkidul itu tenggelam dihantam ombak saat mencari lobster.

Selain Wasidi, ada dua nelayan lainnya yang juga menjadi korban yakni Sukamto (38) dan Sumono (43), keduanya warga Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari. Kedua korban terakhir ini berhasil menyelamatkan diri saat kapal jungkung karam.

"Benar terjadi laka perahu nelayan karam. Ada satu ABK yang tenggelam diduga karena tidak kuat menahan arus," jelas Sekretaris Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah II Gunungkidul, Surisdiyanto saat dihubungi wartawan, Rabu (21/3/2018).

Surisdiyanto menjelaskan, kejadian ini berawal saat ketiga korban hendak pergi melaut mencari lobster di perairan Pantai Sanglen, Rabu pagi. Sesampainya di TKP sekitar jam 06.00 WIB tiba-tiba muncul ombak besar. Sementara kondisi kapal terlalu menepi.

"Sesampainya di perairan Pantai Sanglen, Sukamto yang mengemudikan perahunya terlalu menepi. Maka, saat muncul gelombang besar kapal bernama 'Maju Jaya Pantai Baron' yang terhantam ombak langsung terbalik," katanya.

Saat dihantam ombak, korban langsung melompat menyelamatkan diri. Namun nahas, hanya dua korban berhasil menepi ke pinggir pantai dengan kondisi luka-luka. Sementara satu korban gagal menepi kemudian ditemukan sudah dalam keadaan meninggal.

"Setelah menerima laporan perahu karam kami langsung melakukan pencarian satu korban yang belum menepi. Namun saat ditemukan, satu ABK tersebut sudah dalam keadaan meninggal. Kemudian korban meninggal kami evakuasi ke Pos Baron," paparnya.

"Sementara untuk kedua korban yang mengalami luka-luka akibat terbentur karang langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat," pungkas Surisdiyanto.
(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed