DetikNews
Selasa 20 Maret 2018, 20:46 WIB

Pilot Pesawat yang Jatuh di Cilacap Akan Dimakamkan di Malang

Sukma Indah Permana - detikNews
Pilot Pesawat yang Jatuh di Cilacap Akan Dimakamkan di Malang Penampakan pesawat latih yang jatuh di Tunggul Wulung, Cilacap. Foto: Arbi Anugrah/detikcom
Cilacap - Pilot pesawat latih yang jatuh di Cilacap, Kolonel (Pnb) MJ Hanafie (sebelumnya ditulis MJ Hanafi) tewas dalam kecelakaan tersebut. Jenazah Hanafi rencananya akan dimakamkan di Malang, kota kelahirannya.

"Rencananya akan dimakamkan di Malang. Besok pagi keluarga dari Jakarta berangkat ke Malang," ujar salah seorang kerabat Hanafi kepada detikcom, Selasa (20/3/2018).

Kabag Humas Kemenhub Baitul Ihwan menjelaskan Hanafie sore tadi terbang dengan pesawat tipe Decatlon untuk persiapan wisuda penerbangan Flying School Ganesa. Pesawatnya jatuh saat gagal recover setelah bermanuver akrobatik dengan nose pesawat ke bawah.




"Setelah melakukan satu kali penerbangan latih, ketika manuver akrobatik berputar dengan nose pesawat di bawah, terlihat tidak dapat melakukan recover kembali," katanya kepada detikcom melalui pesan singkat, Selasa (20/3/2018).

Hanafie merupakan penerbang Sukhoi pertama. Dia juga sempat menjabat Komandan Pangkalan TNI AU Tanjungpinang. Sebelum itu dia menjabat sebagai menjabat Kepala Indonesian Liaision Butter Worth di Malaysia. Posisi saat ini, Hanafie tengah bertugas di Kodaklat TNI AU.


Informasi yang didapatkan detikcom menyebutkan bahwa dalam rangka ulang tahunnya yang ke-6 dan memeriahkan HUT Kabupaten Cilacap ke-162, Genesa Flight Academy berencana menggelar wisuda batch 10 & 11 pada tanggal 24 Maret 2018 mendatang. Wisuda akan digelar di Bandara Tunggul Wulung Cilacap, diikuti 23 siswa yang lulus.
(sip/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed