DetikNews
Selasa 20 Maret 2018, 06:47 WIB

Melihat Sentra Bibit Berbagai Tanaman di Purworejo

Rinto Heksantoro - detikNews
Melihat Sentra Bibit Berbagai Tanaman di Purworejo Pembeli sedang memuat bibit Albasiah. Foto: Rinto Heksantoro/detikcom
Purworejo - Ingin menanam berbagai pohon atau tanaman? Datang saja ke Purworejo, Jawa Tengah. Segala rupa bibit tanaman dari buah hingga herbal tersedia dengan harga miring.

Sentra tanaman di Kabupaten Purworejo ini terdapat di beberapa kecamatan seperti di Kemiri, Pituruh, Butuh dan Loano. Namun yang menjadi pusat terbesar pembibitan tanaman terdapat di Kecamatan Kemiri yang mayoritas penduduknya berprofesi sebagai petani tanaman berbagai jenis tersebut.

Sentra bibit tanaman di Purworejo. Sentra bibit tanaman di Purworejo. Foto: Rinto Heksantoro/detikcom

Berbagai tanaman mulai dari buah-buahan, bunga, herbal hingga pohon kayu disediakan di sana. Salah satu petani, Priyo (40) yang sudah bergelut selama lebih dari 15 tahun dalam dunia pembibitan tersebut mengaku bahwa tanamannya telah dipasarkan ke seluruh Indonesia.

Bibit tanaman Durian.Bibit tanaman Durian. Foto: Rinto Heksantoro/detikcom

"Ya yang beli dari berbagai kota di Indonesia termasuk luar Jawa. Tadi pagi ada yang dari Jawa Timur ambil sekitar 500 tunas kelapa, jam 03.00 dini hari udah sampai sini malah," kata Priyo ketika ditemui detikcom di ladangnya di Desa Rejosari, Senin (19/3/2018) sore.

Priyo menambahkan, salah satu tanaman yang masih digemari adalah durian Musang King kaki tiga dan durian Bawor. Satu batang durian Musang King kaki tiga dengan tinggi sekitar 1,5 m dijual dengan harga Rp 75.000, sedangkan durian Bawor yang tak kalah tenar diberi harga Rp 110.000 per batang.

Bibit pisang. Bibit pisang. Foto: Rinto Heksantoro/detikcom

"Macem-macem lah, ada daun dewa, pohon jati, albasiah, bunga-bungaan, anggur dan lain-lain. Yang lagi dicari sekarang itu durian Musang King berkaki tiga dan durian Bawor," imbuhnya.

Diwawancara terpisah, salah seorang pembeli, Salam (32) yang tengah memuat ribuan bibit pohon albasiah mengaku akan menjual tanaman itu kembali ke Kabupaten Purbalingga. Ia sendiri mengaku sudah lebih dari 7 tahun membawa berbagai tanaman dari Kemiri hingga ke luar kota.

"Ini albasiah mas, mau dibawa ke Purbalingga tapi habis ini mau pindah dulu ngangkut manggis sekalian. Ya biasanya si kirim ke pantura, Jawa Barat dan Jawa Timur," tutur Salam.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed