DetikNews
Sabtu 17 Maret 2018, 17:06 WIB

Hujan Deras dan Angin Kencang Rusak Rumah di Magelang

Pertiwi - detikNews
Hujan Deras dan Angin Kencang Rusak Rumah di Magelang Foto: Dok BPBD Magelang/detikcom
Magelang - Sebanyak 10 rumah warga di Kabupaten Magelang rusak akibat hujan deras disertai angin kencang. Genting dan atap rumah beterbangan tersapu angin kencang.

Peristiwa itu menimpa rumah warga di Dusun Jagalan dan Dusun Balerejo, Kelurahan Muntilan, Kecamatan Muntilan sekitar pukul 15.00 WIB. Tidak ada korban jiwa dari peristiwa itu.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang, Edi Susanto menuturkan, kejadian bermula saat hujan deras disertai angin kencang melanda kawasan Kelurahan Muntilan.

"Hujan deras disertai angin kencang itu terjadi sekitar pukul 14.15 WIB hingga pukul 15.00 WIB. Ada sekitar 10 rumah yang kemudian rusak ringan karena kejadian ini," jelas Edi, saat dihubungi detikcom, Sabtu (17/3/2018).

Dia menyebutkan, kesepuluh rumah tersebut tersebar di dua dusun dan dihuni oleh sebanyak 26 jiwa. Yakni 6 rumah (14 jiwa) di Dusun Balerejo dan 4 rumah (12 jiwa) di Dusun Jagalan, Kelurahan Muntilan, Kecamatan Muntilan.

"Kejadian ini tidak sampai mengakibatkan korban. Hanya saja, atap rumah berupa genting banyak yang beterbangan," ungkap Edi.

Usai menerima laporan, tim reaksi cepat (TRC) mendatangi lokasi kejadian untuk melakukan assesment dan berkoordinasi dengan pemerintah kelurahan.

"Saat ini penanganan lapangan masih dilakukan. Bersama warga, petugas membantu melakukan pembersihan genting yang beterbangan," katanya.

Edi mengatakan, beberapa hari terakhir, Magelang diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga tinggi. Pihaknya pun menghimbau warga untuk selalu meningkatkan kewaspadaan, terutama warga yang tinggal di lereng perbukitan.
(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed