DetikNews
Rabu 14 Maret 2018, 16:51 WIB

KPU Kudus Beri Insentif 30 Komunitas yang Mengajak Pilkada Damai

Akrom Hazami - detikNews
KPU Kudus Beri Insentif 30 Komunitas yang Mengajak Pilkada Damai (Foto: Angling Adhitya Purbaya)
Kudus - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kudus, akan memberikan insentif kepada komunitas atau kelompok yang mau menyosialisasikan Pilgub Jateng dan Pilbup Kudus. Akan dipilih 30 komunitas atau paguyuban untuk dijadikan mitra dalam menyebarkan pesan Pilkada damai.

Ketua KPU Kudus, Moh Khanafi, mengatakan pihaknya menyediakan anggaran untuk komunitas atau kelompok yang bersedia mengadakan sosialisasi Pilgub dan Pilbup. "Ada anggaran Rp 5 juta per kegiatan per kelompok sasaran terpilih jika mau mengadakan sosialisasi Pilgub dan Pilbup Kudus," kata Khanafi, Rabu (14/3/2018).

30 komunitas atau kelompok/lembaga/paguyuban terpilih itu adalah mereka yang aktif pada kearifan lokal dalam merawat kebhinekaan dan iklim demokrasi lokal di Kudus. Termasuk juga komunitas yang berjejaring sampai tataran grassroot dari pemilih keagamaan, pemilih perempuan, pemilih disabilitas, pemilih marginal, pemilih pemula dan lainnya.

"Mereka yang terpilih juga yang independen nonpartisan yang berintegritas, mempunyai minat tinggi terhadap upaya menumbuhkan budaya, demokrasi, mengawal hak konstitusi pemilih, dan berkehendak melakukan kegiatan berguna meningkatkan kualitas demokrasi dan kecerdasan pemilih menggunakan hak pilihnya," lanjut Khanafi.

Dia berharap pula, kelompok mitra strategis mampu meminimalisasi tumbuhnya politik uang di masyarakat dengan memulai dan menyentuh serta membangun kesadaran, bahwa memilih pemimpin itu untuk kepentingan masyarakat. "Tumbuhnya kesadaran itu menjadi solusi untuk memangkas politik uang," imbuhnya.

Adapun kegiatan yang bisa dilakukan bisa berupa pertemuan, dialogis, seminar, workhshop, sarasehan, agenda rapat rutin, seni pertunjukan, pengajian, simulasi yang berbasis kompetensi dan kearifan lokal.
(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed