DetikNews
Selasa 13 Maret 2018, 16:44 WIB

Jalur Putus ke Alastuwo Karanganyar Sudah Bisa Dilewati Motor

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Jalur Putus ke Alastuwo Karanganyar Sudah Bisa Dilewati Motor Jalan putus di Alastuwo, Karanganyar. (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Karanganyar - Jalan di Desa Kaling, Tasikmadu, yang menjadi akses ke Desa Alastuwo, Kebakkramat, Karanganyar, putus pada Senin kemarin. Saat ini perbaikan tengah dilakukan dan sudah dapat dilewati sepeda motor.

Pantauan detikcom, Selasa (13/2/2018), jalan sepanjang 20 meter yang putus total itu telah ditimbun tanah. Meski belum selesai, separuh lebar jalan telah dimanfaatkan pengendara sepeda motor.

"Walaupun jalannya terjal, lebih cepat lewat sini. Kalau muter bisa sampai 10 km," kata pengguna jalan, Harjanto.

Kepala Dusun Kaling, Desa Kaling, Tasikmadu, Sugiyatno, mengatakan peristiwa terjadi pada Senin (12/3) sekitar pukul 01.00 WIB saat hujan deras. Saluran air di bawah jalan yang tersumbat mengakibatkan air meluap sampai ke atas jalan.

"Awalnya talutnya ambrol, lalu jam 03.00 (WIB) itu aspalnya tergerus. Jam 06.00 WIB jalannya masih separuh, sampai jam 08.00 WIB putus total," katanya saat ditemui di lokasi jalan putus.

Baca juga: Ngeri! Begini Penampakan Jalan Putus di Karanganyar

Jalan tersebut kemudian ditutup sementara untuk diperbaiki oleh Pemerintah Kabupaten Karanganyar. Tim gabungan langsung membersihkan saluran air yang tertutup sampah.

Dua ekskavator diterjunkan untuk membuat timbunan tanah baru. Senin sore, jalan tersebut sudah dapat digunakan sepeda motor.

Jalur Putus ke Alastuwo Karanganyar Sudah Bisa Dilewati MotorWarga melintasi jalan yang diperbaiki secara darurat (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)

Dihubungi melalui telepon, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Karanganyar, Edi Sriyatno, mengatakan akan segera membangun jalan tersebut seperti semula.

"Setelah ini akan kami buat desainnya dulu baru kami ajukan untuk mendahului anggaran perubahan. Kalau sudah baru lelang dan dikerjakan," kata Edi.

Edi mengaku belum mengetahui kapan perbaikan dapat selesai. Proses administrasi paling cepat akan diselesaikan dalam waktu sebulan. Selama proses berjalan, jalur itu boleh dilewati kendaraan kecil.

"Kalau gorong-gorong sudah kami bersihkan. Nanti kita buat jembatan biar salurannya lancar," pungkasnya.
(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed