DetikNews
Sabtu 10 Maret 2018, 23:35 WIB

5 Desa di Kecamatan Godong Grobogan Banjir

Akrom Hazami - detikNews
5 Desa di Kecamatan Godong Grobogan Banjir Foto: Akrom Hazami/detikcom
Grobogan - Banjir melanda lima desa di sebagian wilayah Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, Sabtu (10/3/2018). Akibat banjir, ada rumah warga yang sampai kini masih kemasukan air banjir.

Camat Godong Bambang Haryono menyatakan, pihaknya mendata ada lima desa di kecamatannya yang kebanjiran. "Ada Desa Guci, Werdoyo, Guyangan, Sumber Agung, dan Kemloko," katanya kepada Detikcom melalui sambungan telepon, Sabtu sore.

Sedangkan rumah warga yang terendam banjir yaitu di Desa Werdoyo. Jumlah rumah yang terendam ada tiga unit. Rata-rata ketinggian banjir sekitar 20 sentimeter di permukiman desa. Banjir terjadi akibat luapan sungai Jajar dan kiriman dari Karangrayung.

Air banjir mulai melanda sejak Sabtu pukul 06.00 WIB. Sampai Sabtu sore sekitar pukul 17.52 WIB belum juga surut.

Diketahui, aibat hujan deras, debit air sungai Jajar yang berhulu di kawasan Pegunungan Kendeng Selatan langsung meningkat. Kondisi sungai yang mulai mendangkal akibat sedimentasi mengakibatkan daya tampung air tak maksimal.

Hal ini menyebabkan sebagian air meluap ke kawasan yang letaknya rendah. Jika kawasan atas turun hujan deras cukup lama, maka wilayahnya terkena dampak luapan air sungai Jajar.

Luapan sungai Jajar, sebagian besar masih berdampak pada areal persawahan. Saat ini, kondisi sawah terdapat tanaman padi yang baru berumur sekitar 10 hari.

"Sawah yang tergenang mencapai puluhan hektar. Sebagian sudah ada tanaman padi dan lainnya baru persiapan tanam," terangnya.

Pihak camat sudah koordinasi dengan Dinas Pertanian dan koordinasi dengan Dinas PUPR Grobogan. Rencananya, pada tahun 2018 ini sungai Jajar akan dinormalisasi pada musim kemarau nanti.

"Untuk tanggul di Werdoyo sudah 6 kali perbaikan," pungkasnya.
(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed