DetikNews
Sabtu 10 Maret 2018, 22:54 WIB

Sebelum Naik Tank Nahas, Siswa TK dan PAUD Sempat Ikuti Outbond

Bagus Kurniawan - detikNews
Sebelum Naik Tank Nahas, Siswa TK dan PAUD Sempat Ikuti Outbond Foto: Istimewa/detikcom
Purworejo - Musibah kecelakaan tank yang mengangkut siswa PAUD Ananda di aliran Sungai Bogowonto, Purworejo mengagetkan banyak pihak. Apalagi, akibat kejadian tersebut, nyawa dua orang harus melayang. Rencana menaiki tank itu sendiri muncul sekitar 10 hari yang lalu.

"Dari TNI menawari ke sekolah (PAUD Ananda) sekitar 10 hari yang lalu. Tujuannya untuk memberikan pengalaman kepada anak-anak menaiki tank. Wali murid pun setuju dengan rencana itu," ujar Ana Rahayu (38) ibu dari korban Anindia Fauziah (3,5), kepada detikcom, Sabtu (10/3/2018).

Ana menjelaskan, ada beberapa tank yang kemudian disediakan untuk mengangkut anak-anak TK dan PAUD yang satu gugus dengan PAUD Ananda.
Sebelum menaiki tank, para siswa lebih dulu mengikuti outbond di sebuah lapangan yang tidak jauh dengan Sungai Bogowonto.

"Di sana anak-anak mengikuti kegiatan outbond seperti tengkurap, jalan diatas papan, dan beberapa gerakan lain," ungkap Ana.

Usai mengikuti outbond, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan menaiki tank di sepanjang aliran Sungai Bogowonto. Setiap tank dinaiki sekitar 20 orang, termasuk tentara yang mendampingi.

"Yang rombongan saya (PAUD Ananda) ada total 20 orang. Terdiri dari 3 orang tentara, kepala PAUD, serta 16 siswa dan orangtua," tutur Ana.

Awalnya, kegiatan berjalan dengan lancar dan tanpa halangan. Nahas, saat tank yang dinaiki rombongan PAUD Ananda berjalan, tiba-tiba tenggelam dan menghanyutkan siswa beserta orangtua siswa.

"Seingat saya semua baik-baik saja, hanya ketika sampai tengah, mesin tank kelihatannya tiba-tiba mati. Tank pun langsung menukik ke bawah. Saya spontan peluk anak saya dan melambai-lambai ke atas minta tolong karena saya tidak bisa berenang," ungkap Ana.

Ana sempat hanyut hingga sekitar 5 menit, sementara putrinya Anindia Fauziah pingsan karena terlalu banyak menelan air. Keduanya berhasil selamat dan dilarikan ke RSUD dr Tjitro Wardojo.

Sementara itu, dua orang korban lain dilaporkan meninggal dunia. Yakni kepala PAUD Ananda, Iswandari dan Pratu Randi Suryadi.
(bgs/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed