Talut Sungai di Mojosongo Solo Ambrol, 2 Rumah Warga Terancam

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Kamis, 08 Mar 2018 17:22 WIB
Talut ambrol di Mojosongo, Solo. Foto: Dok kiriman warga
Solo - Talut sungai yang berada di ujung perumahan di Badran RT 02 RW 11 Mojosongo, Solo, ambrol. Dua rumah terancam ikut ambrol karena kejadian itu.

Peristiwa terjadi Rabu (7/3) malam. Dua rumah tersebut ialah milik Memet Toto Raharjo dan Candra Santosa. Diduga, talut ambrol karena fondasi talut yang kurang kuat ditambah hujan yang kerap mengguyur Solo.

"Fondasinya ambrol. Kemarin siang kan hujan deras. Malam juga masih gerimis. Mungkin karena itu jadi ambrol," kata Candra Santosa saat ditemui di lokasi kejadian, Kamis (8/3/2018).


Talut ambrol di Mojosongo, Solo.Talut ambrol di Mojosongo, Solo. Foto: Dok kiriman warga

Beruntung tidak ada kerugian yang berarti dalam peristiwa tersebut. Hanya tembok sepanjang 8 meter di ujung perumahan yang runtuh ke dasar sungai.

Namun kedua retakan terlihat di samping kedua rumah yang saling berhadapan itu. Dikhawatirkan retakan tersebut dapat mengakibatkan longsor susulan, sebab jarak antara rumah dengan sungai sudah terlalu mepet.

Penampakan talut ambrol di Mojosongo, Solo.Penampakan talut ambrol di Mojosongo, Solo. Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom

"Kebetulan rumah tidak ada yang roboh. Tapi ini cukup membahayakan karena banyak anak kecil di sini," ujar dia.

Atas kejadian tersebut, warga hari ini bekerja bakti memasang pagar bambu di lokasi talut ambrol. Pejabat setempat pun telah menengok lokasi talut ambrol.

Lurah Mojosongo, Agus Triyono, mengatakan akan segera menindaklanjuti kejadian itu. Dia berjanji bahwa pemerintah akan segera memperbaiki kerusakan tersebut.

"Setelah ini kami laporkan ke BPBD dan Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Surakarta agar segera ditindaklanjuti," tutupnya. (sip/sip)