Panjat Rambutan, Pelajar di Kebumen Tewas Tersengat Listrik

Rinto Heksantoro - detikNews
Senin, 26 Feb 2018 20:04 WIB
Foto: Istimewa/detikcom
Kebumen - Seorang pelajar di Kebumen, Jawa Tengah tewas tersengat listrik saat memetik buah rambutan. Korban tewas saat memetik buah rambutan di tempat tetangganya.

Korban bernama Melvin Febrian (12) warga Dukuh Asinan, Desa Pagebangan, Kecamatan Karanggayam. Pelajar kelas 1 SMP itu tewas tersengat listrik pada Senin (26/2/2018) sore ketika memetik buah rambutan milik tetangganya Tarsono (50). Korban sempat tersangkut di pohon lebih dari 1 jam, sebelum akhirnya korban berhasil dievakuasi oleh petugas.


"Setelah dapat laporan kami langsung meluncur ke TKP. Ternyata, korban tersengat listrik saat metik buah rambutan milik tetangganya," ungkap Kapolsek Karanggayam, AKP Abu Khoiri ketika dihubungi detikcom, Senin (26/2/2018).

Sebelum peristiwa itu terjadi, korban memanjat pohon rambutan dan tidak menyadari bahwa ada ranting pohon yang menempel pada kabel listrik PLN tegangan tinggi sehingga mengakibatkan hubungan arus pendek. Karena korban menyentuh ranting yang terkena aliran listrik, korban langsung tersengat.

Korban yang mengalami luka bakar di beberapa bagian tubuh tidak bisa diselamatkan dan meninggal di lokasi kejadian.

"Saat memetik rambutan tidak sadar kalau pohon atau ranting yang di atas nempel di kabel listrik PLN langsung sehingga menyetrum anak tersebut. Korban langsung meninggal di lokasi dan nyangkut di pohon rambutan tersebut," lanjutnya.

Setelah berhasil dievakuasi oleh petugas dan warga, korban kemudian diperiksa oleh petugas medis dan tim inafis Polres Kebumen. Karena tidak ditemukan tanda-tanda penganiayaan atau kekerasan pada tubuh korban dan murni meninggal karena kecelakaan, jenazah korban kemudian dikembalikan kepada pihak keluarga. (bgs/bgs)