DetikNews
Minggu 25 Februari 2018, 21:05 WIB

6 Potongan Tubuh Korban Longsor Brebes Dikuburkan

Imam Suripto - detikNews
6 Potongan Tubuh Korban Longsor Brebes Dikuburkan Memasukkan potongan jenazah ke lubang kubur (Foto: Imam Suripto/detikcom)
Brebes - Enam potongan tubuh manusia (body part) yang ditemukan di lokasi bencana tanah longsor Desa Pasirpanjang, Salem, Brebes, Minggu (25/2/2018) sore dikubur di TPU desa setempat. Potongan tubuh ini sudah diambil sampelnya untuk keperluan identifikasi.

Kepala Urusan Kesehatan Polres Brebes, dr Nani Yulia, menjelaskan 6 potongan tubuh ini terdiri dari tangan dan kaki. Untuk potongan kepala yang ditemukan kemarin sudah bisa diidentifikasi dan sudah diserahkan ke keluarga.

"Body part ini belum bisa diidentifikasi, namun sudah diambil sampelnya untuk dicocokkan dengan DNA keluarga," ujar dr Nani Yulia.

Memberi label sebagai tanda khusus (Foto: Imam Suripto/detikcom)

Nani Yulia menambahkan, untuk keperluan identikasi, keluarga korban sudah diambil sampel darah dan swab bucal. Sampel diambil dari keluarga dekat yakni saudara kandung, ibu kandung atau anak kandung.

"Setelah diambil sampel, potongan tubuh ini dikubur dan diberi label khusus. Mirip nisan sebagai penanda," tambah Nani Yulia.

Nani menambahkan, bila dikemudian hari ditemukan lagi anggota tubuh dan bisa diidentifikasi maka akan dicocokkan dengan body part yang sudah dikubur. Bila ada kecocokkan maka akan diserahkan ke keluarga masing masing.

"Silakan masing masing keluarga untuk mengurusnya. Apa akan diambil lagi untuk disatukan atau dikubur secara terpisah. Itu urusan masing masing keluarga korban," jelas Nani Yulia.
(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed