Bersihkan KA, Wujud Cinta Railfans Pada Kereta Api Indonesia

Rinto Heksantoro - detikNews
Sabtu, 24 Feb 2018 17:15 WIB
Foto: Rinto Heksantoro/detikcom
Purworejo - Puluhan railfans atau pecinta kereta api mencuci kereta api bersama-sama. Selain untuk menjaga tali silaturahmi sesama penggemar kereta api, hal tersebut dilakukan sebagai wujud cinta terhadap kereta sekaligus mensosialisasikan keselamatan perjalanan KA.

Kegiatan sosial positif itu dilaksanakan di Stasiun Kutoarjo pada Sabtu (24/2/2018). Puluhan pecinta kereta yang tergabung dalam railfans sepoor limo bahu membahu membersihkan sedikitnya 9 kereta api baik bagian dalam maupun luar.

"Jadi ini kegiatan cuker atau cuci kereta yang dilakukan oleh teman-teman railfans spoor limo bersama karyawan PT KAI sebagai wujud cinta terhadap kereta api. Yang dibersihkan ada 9 kereta," ungkap Humas PT KAI Daops 5, Ixfan Hendriwintoko kepada detikcom di Stasiun Kutoarjo, Sabtu (24/2/2018).
Bersihkan KA, Wujud Cinta Railfans Pada Kereta Api IndonesiaFoto: Rinto Heksantoro/detikcom

Selain sebagai wujud cinta, kegiatan tersebut juga sekaligus untuk mensosialisasikan kereta api termasuk keselamatan perjalanan KA. Para anggota railfans sendiri terdiri dari berbagai profesi mulai dari pelajar, mahasiswa, pelayan hingga pengangguran.

"Anggotanya juga dari berbagai kalangan ada pelajar, mahasiswa, pelayan bahkan pengangguran juga ikut. Mereka juga ikut mensosialisasikan tentang keselamatan KA," Lanjutnya.

Sementara itu koordinator railfans, Fauzan Tri Haryanto (22) yang ditemui detikcom saat membersihkan kereta menuturkan bahwa bentuk kecintaan terhadap kereta api tidak hanya diwujudkan dalam kegiatan cuci kereta namun juga dalam bentuk kegiatan lain. Para railfans sendiri mengaku terlanjur cinta terhadap kereta api.
Bersihkan KA, Wujud Cinta Railfans Pada Kereta Api IndonesiaFoto: Rinto Heksantoro/detikcom

"Kegiatan lain ada sosialisasi di palang pintu untuk keselamatan, ikut dalam posko lebaran, reboisasi stasiun, pokoknya yang berhubungan dengan kereta api," tutur Fauzan.

Railfans yang berdiri sejak Juni 2009 itu kedepannya akan tetap mengawal dan melakukan kegiatan positif yang berhubungan dengan kereta api. Harapannya PT KAI juga terus meningkatkan fasilitas dan pelayanan demi kenyamanan dan keselamatan penumpang. (bgs/bgs)