DetikNews
Jumat 23 Februari 2018, 17:55 WIB

Badan Geologi ESDM Kirim Tim Tanggap Darurat ke Brebes

Usman Hadi - detikNews
Badan Geologi ESDM Kirim Tim Tanggap Darurat ke Brebes Foto: Imam Suripto/detikcom
Sleman - Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah menerjunkan tim tanggap darurat ke lokasi longsor di Pasirpanjang, Kecamatan Salem, Brebes, Jawa Tengah. Tim tersebut diturunkan untuk memeriksa kondisi longsor di tempat itu.

"Brebes itu, kita tim Badan Geologi sudah di lapangan, untuk mencari lagi indikasi-indikasi longsoran," kata Kepala Badan Geologi Kementrian ESDM, Rudy Suhendar kepada wartawan di Gedung Magister Manajemen (MM)Universitas Gadjah Mada (UGM), Jumat (23/2/2018).

Tim tanggap darurat dari Badan Geologi tersebut diterjunkan tadi pagi. Berdasarkan hasil telaah sementara dari tim tersebut, wilayah yang terkena longsor di Kecamatan Salem memang masuk kawasan rawan longsor.

"Hasil (sementara) kita adalah itu zona merah, (berpotensi longsor) sedang atau tinggi," paparnya.

Karena masuk zona merah, lanjut Rudy, bila turun hujan lebat dipastikan di daerah tersebut akan terjadi longsor. Oleh sebab itu, pihaknya menerjunkan tim tanggap darurat untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Untuk menghindari longsor susulan makanya diturunkan tim tanggap darurat dari Badan Geologi untuk melihat, memeriksa lagi indikasi-indikasinya," ungkapnya.
(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed