DetikNews
Kamis 22 Februari 2018, 20:18 WIB

Pemberhentian Bupati Kebumen Tunggu Keputusan Mendagri

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Pemberhentian Bupati Kebumen Tunggu Keputusan Mendagri Foto: dok Setda Kebumen
Semarang - Penonaktifan Bupati Kebumen, Mohammad Yahya Fuad masih menunggu surat pemberhentian sementara dari Menteri Dalam Negeri. Tugas Yahya yang kini ditahan KPK dikerjakan wakilnya, Yazid Mahfudz.

Sekda Provinsi Jawa Tengah, Sri Puryono mengatakan surat pemberhentian sementara belum dikeluarkan Mendagri sehingga status Yahya masih Bupati.

"Jadi gini, kalau sudah ada penetapan tersangka, Mendagri akan menerbitkan pemberhentian sementara," kata Sri kepada detikcom di Undip, Semarang, Kamis (22/2/2018).

Meski surat tersebut belum ada, tetap secara otomatis wakilnya akan menjadi pelaksana tugas Bupati Kebumen. Saat ini roda pemerintahan Kabupaten Kebumen dipimpin oleh Yazid.

"Karena wakil ada, tanpa ada itu (pemberhentian sementara), kalau ada halangan sementara langsung saja," ujarnya.

Untuk diketahui, Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad ditahan KPK karena diduga menerima fee dengan nilai Rp 2,3 miliar dari pengusaha Khayub Muhammad Lutfi, Komisaris PT KAK.

Penangkapan Yahya merupakan pengembangan dari operasi tangkap tangan KPK terhadap 6 tersangka termasuk mantan Sekda Kebumen, Adi Pandoyo pada tahun 2016 lalu.

Yahya sebenarnya sudah mengajukan pengunduran diri kepada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo setelah ditetapkan tersangka oleh KPK bulan Januari 2018 lalu.
(alg/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed