DetikNews
Kamis 22 Februari 2018, 19:46 WIB

Bersihkan Longsoran, 5 Relawan Terluka Kena Bongkahan Bambu

Uje Hartono - detikNews
Bersihkan Longsoran, 5 Relawan Terluka Kena Bongkahan Bambu Foto: Uje Hartono/detikcom
Banjarnegara - Lima relawan yang tengah membersihkan material longsor di jalan utama Banjarnegara-Dieng di Desa Wanayasa terluka akibat tertimpa bongkahan tonggak bambu. Selain menimpa relawan, bongkah bambu itu juga mengenai 7 sepeda motor hingga ada yang rusak.

Relawan yang terkena mengalami luka-luka. Meski tidak ada korban meninggal dunia, namun ada satu relawan mengalami luka hingga 18 jahitan di kaki kanannya.

Sodikin (43), salah satu relawan pembersihan material longsor di Desa Wanayasa mengatakan, kecelakaan tersebut bermula saat tonggak rumpun bambu yang ada di lokasi longsoran dibersihkan. Namun, lantaran ukurannya yang besar relawan yang menarik tidak kuat kemudian terlepas.

"Saat lepas menggelinding ke bawah dan mengenai lima orang relawan serta mengenai tujuh sepeda motor," ujarnya saat ditemui di lokasi tanah longsor, Kamis (22/2/2018).

Hal ini diperparah karena bambu yang dipotong sebagian ujungnya runcing. Akibatnya beberapa relawan yang terkena rumpun bambu tersebut hingga lukak. Yang luka parah satu relawan dan langsung dibawa ke Puskesmas.
Bersihkan Longsoran, 5 Relawan Terluka Kena Bongkahan BambuFoto: Uje Hartono/detikcom

"Ukuran tonggak rumpun bambu ini cukup besar. Diameter sekitar 2 meter dengan tinggi 1,5 meter. Makanya saat ditarik tidak kuat," kata dia.

Sementara itu, Hamdan (40) salah satu korban mengaku sudah sempat berlari. Namun karena tonggak rumpun bambu yang menggelinding cepat sehingga tetap terkena.

"Bagian kaki kanan saya robek dan dijahit sebanyak 18 jahitan. Sebenarnya sempat lari tetapi tetap kena," tuturnya.

Selain lima relawan, tujuh sepeda motor yang diparkir tidak jauh dari lokasi tanah longsor juga terkena tonggak rumpun bambu tersebut. ketujuh sepeda motor merupakan milik relawan yang tengah membersihkan material tanah longsor.
(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed