DetikNews
Kamis 22 Februari 2018, 18:34 WIB

Ketika Dubes Amerika Serikat Datangi dan Pelajari Kota Semarang

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Ketika Dubes Amerika Serikat Datangi dan Pelajari Kota Semarang Dubes AS untuk Indonesia saat berada di Kota Semarang. Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Semarang - Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph R Donovan Jr mengunjungi Ibu Kota Jawa Tengah, Kota Semarang untuk mempelajari sejarah dan perkotaannya. Ia juga menyempatkan meihat sejumlah tempat wisata.

Hari ini, Donovan mengunjungi Klenteng Sam Po Kong yang merupakan salah satu destinasi wisata reliji di Jawa Tengah. Ia disuguhi penampilan Barongsai dan juga diantar keliling oleh pemandu wisata.

Donovan memperhatikan apa yang dijelaskan pemandu termasuk ketika melihat ukiran dinding yang menjelaskan soal sejarah datangnya Laksamana Ceng Ho.

"Ini kunjungan pertama saya, ini kunjungan yang baik. Dalam kunjungan ini saya mulai memahami Kota Semarang dan Provinsi Jawa Tengah," kata Donovan di Klenteng Sam Po Kong, Semarang, Kamis (22/2/2018).

Sejumlah tempat wisata sudah dikunjungi antara lain Kota Lama, Kampung Pelangi, dan Sam Po Kong. Menurutnya potensi menarik wisata termasuk dari Amerika cukup bagus, oleh karenanya ia mempelajari lebih banyak tentang Kota Semarang.

"Itulah dalam kunjungan kali ini saya belajar sebanyak mungkin dan nantinya akan terpikir gagasan baru," imbuhnya.

Selain tempat wisata, Donovan juga sempat mengunjungi America Corner di Universitas Islam Negeri Wali Songo Semarang. Di sektor perdagangan, Donovan menemui pimpinan Kamar Dagang di Jawa Tengah hari Rabu (21/2) kemarin.

"Saya juga bertemu dengan Kadin Jawa Tengah. Di pertemuan itu membahas peluang perusahaan Amerika," katanya.

Donovan pun menemui Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi dalam kunjunganya ke Balai Kota. Ia mengatakan akan memberikan dukungan untuk pengembangan Semarang Smart City.

"Konsep pembangunan Kota Semarang adalah bergerak bersama. Jadi semakin banyak yang ingin membantu, semakin bagus. Ini bukan pertama kalinya ada pihak luar yang ingin membantu Kota Semarang," kata Hendrar Prihadi alias Hendi saat ditemui terpisah.

Dalam pertemuan tersebut, Dubes Amerika diajak melihat Situation Room milik Pemkot Semarang yang bisa memantau lalulintas, banjir, hingga mengontrol ketepatan armada bus Trans Semarang.
(alg/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed