detikNews
Kamis 22 Februari 2018, 15:23 WIB

Jalan Utama Putus, Ini Jalur yang Disarankan Menuju Dieng

Uje Hartono - detikNews
Jalan Utama Putus, Ini Jalur yang Disarankan Menuju Dieng Jalur wisata Dieng tertimbun longsor (Foto: Uje Hartono/detikcom)
Banjarnegara - Jalur wisata Banjarnegara-Dieng di Desa Wanayasa Kecamatan Wanayasa masih belum bisa dilalui kendaraan akibat tertimbun material longsoran. Wisatawan dan pengguna jalan menuju kawasan Dieng diimbau menggunakan jalur Kecamatan Madukara-Pagentan-Pejawaran dan Batur.

Kasat Lantas Polres Banjarnegara, AKP Supadi, mengatakan akibat tanah longsor di tanjakan Sikelir di Desa Wanayasa sementara akses jalan ke Dieng terputus. Ia mengimbau agar pengguna jalan yang akan ke Dieng untuk melewati jalur Madukara-Pagentan.

"Sementara ini karena ada longsoran di Desa Wanayasa sebaiknya memutar. Rutenya, dari Banjarnegara-Madukara-Pagentan-Pejawaran-Dieng," papar Supadi, Kamis (22/2/2018).

Jalan Putus Tertimbun Longsor, Wisatawan ke Dieng Diimbau MemutarWarga dan petugas menyingkirkan material longsoran (Foto: Uje Hartono/detikcom)

Terlebih, jalur Banjarnegara-Dieng juga masih terhambat di Desa Paweden akibat tanah longsor dan tanah ambles awal Februari lalu. Saat ini, kondisi jalan di Desa Paweden baru bisa dilalui kendaraan roda dua.

"Karena di bagian bawah yakni di Desa Paweden juga masih sulit dilalui, juga di Desa Wanayasa masih terputus sebaiknya melewati jalur Madukara," imbaunya.

Baca juga: Tebing di Tanjakan Sikelir Longsor, Jalan Banjarnegara-Dieng Terputus


Namun demikian, ia juga mengimbau agar pengguna jalan yang melewati jalur Madukara-Pagentan dan Dieng ini untuk hati-hati. Mengingat beberapa titik menanjak dan kondisinya rusak.

Untuk diketahui, tanjakan sikelir yang berada di Desa Wanayasa putus total setalh terjadi tanah longsor Kamis dini hari. Saat ini, warga bersama BPBD Banjarnegara, TNI/Polri dan sejumlah relawan tengah membersihkan material longsor tersebut.
(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed