DetikNews
Rabu 21 Februari 2018, 18:29 WIB

Camat Tak Netral, Pemkab Magelang Akan Beri Peringatan

Pertiwi - detikNews
Camat Tak Netral, Pemkab Magelang Akan Beri Peringatan Foto: Istimewa/detikcom
Magelang - Pemerintah Kabupaten Magelang tengah memproses rekomendasi yang diajukan oleh Panitia Pengawas Kabupaten (Panwaskab) Magelang terkait Camat Candimulyo yang ditemukan tidak netral. Sesuai rekomendasi, camat tersebut nantinya akan diberikan peringatan tertulis.

"Sesuai rekomendasi dari Panwas, tindak lanjut dari temuan camat yang tidak netral adalah berupa peringatan. Kemudian nantinya akan kita berikan peringatan secara tertulis kepada yang bersangkutan, sekarang sedang diproses, akan segera saya tandatangani," ujar Pelaksana Jabatan Sementara (Pjs) Bupati Magelang, Tavip Supriyanto saat dihubungi detikcom, Rabu (21/2/2018).

Tavip menambahkan, peringatan tertulis tersebut juga memuat himbauan agar camat yang bersangkutan tidak mengulangi pelanggaran itu lagi. Terkait dengan pelanggaran yang dilakukan, Tavip juga mengaku tidak bisa memasukkan ke dalam kategori ringan atau berat.

"Sekitar satu minggu lagi Kemenpan akan mengeluarkan surat edaran. Di dalam surat tersebut akan diatur secara detail terkait masalah pelanggaran, sangsi-sangsi, dan lainnya," terang Tavip.

Sejak awal menjabat sebagai Pjs Bupati Magelang, Tavip mengaku sudah menyampaikan bahwa Pegawai Negeri Sipil (PNS) harus netral, tidak boleh berpihak, apalagi terlibat politik praktis.

"Kita sudah ingatkan. Jika ada PNS yang melanggar, akan kita tindaklanjuti, kita tidak pandang bulu," tegas Tavip.

Sejauh ini, Pemkab Magelang baru menerima satu rekomendasi dari Panwaskab terkait pelanggaran yang dilakukan oleh Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Sementara baru satu ini. Tapi kita sudah berkomitmen untuk menjaga netralitas kawan-kawan ASN. Kalau pun kit amemberikan sangsi sesuai ketentuan yang ada, itu untuk efek jera supaya mereka lebih hati-hati," katanya.

Sebelumnya, Panwaskab Magelang mengirimkan rekomendasi kepada Pemkab Magelang terkait temuan pelanggaran yang dilakukan oleh Camat Candimulyo, Agung Nugroho. Agung terbukti ada di tengah-tengah sekelompok massa yang sedang melakukan deklarasi dukungan salah satu pasangan calon (Paslon) dalam Pilkada Kabupaten Magelang.

"Peringatan keras sudah kami kirim ke Pemkab Magelang, Bawaslu Provinsi Jawa Tengah dan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Menurut Bawaslu, ini adalah kasus dengan jabatan tertinggi yang ditangani selama Pilkada tahun ini," jelas Ketua Panwaskab Magelang, M. Habib Saleh.
(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed