DetikNews
Selasa 20 Februari 2018, 14:24 WIB

Pilgub Jateng 2018

Mulai Hari Ini Panwas Copot Paksa Semua APK Ilegal di Grobogan

Akrom Hazami - detikNews
Mulai Hari Ini Panwas Copot Paksa Semua APK Ilegal di Grobogan Pelepasan APK ilegal di Brati, Grobogan (Foto: Akrom Hazami/detikcom)
Grobogan - Seluruh alat peraga kampanye (APK) yang dipasang mandiri oleh pasangan calon (paslon) atau tim suksesnya doi Kabupaten Grobogan, Jateng, mulai hari ini dilepas paksa oleh petugas. APK itu dianggap ilegal dan pemasangannya tidak sesuai ketentuan yang berlaku.

"APK ilegal mulai ditertibkan hari ini. APK yang legal dicetak KPU. Jadi yang di luar itu (dibuat dan dipasang KPU) memang dilarang sesuai PKPU Nomor 4 dan Peraturan Bawaslu nomor 12," kata Ketua Panwaskab Grobogan, Agus Purnama, Selasa (20/2/2018).

Menurutnya, sejauh ini KPU belum mencetak APK. Karena itu dipastikan semua APK yang tercetak dan terpasang adalah ilegal sehingga harus diturunkan. Kegiatan penurunan APK paslon Pilgub Jateng mulai dilakukan hari ini hingga seluruhnya bersih.

Agus mengatakan, pihaknya sebelumnuya telah melayangkan surat ke tim sukses untuk menurunkan sendiri dengan waktu diberikan 3 x 24 jam. Sembari menunggu reaksi mereka, Panwas hari ini melakukan penertiban APK secara serentak di Kabupaten Grobogan.

Dalam penertiban, pihaknya melibatkan KPU, Satpol PP, dan Panwas. "Kalau tim sukses mau meneruskan dengan menurunkan sendiri, kami apresiasi," ucapnya.

Dia mengimbau kepada tim sukses paslon untuk tidak memasang APK lagi karena pasti akan diturunkan. "Justru akan semakin menambah pelanggaran dan pasti akan ditertibkan," ujarnya.
(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed