DetikNews
Selasa 20 Februari 2018, 08:49 WIB

Dua Menteri Akan terima Anugerah Herman Johannes Award dari FT UGM

Usman Hadi - detikNews
Dua Menteri Akan terima Anugerah Herman Johannes Award dari FT UGM Foto: Bagus Kurniawan/detikom
Sleman - Dua menteri kabinet kerja Presiden Joko Widodo akan menerima Anugerah Herman Johannes Award dari Fakultas Teknik (FT) Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Kedua menteri tersebut yakni Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono dan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti.

Anugerah tersebit diberikan dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Tinggi Teknik (HPTT) ke-72.

Penghargaan itu diserahkan kepada Ir Mochammad Basoeki Hadimoeljono, M.Sc., Ph.D., (Menteri PU PR) untuk bidang Infrastruktur dan kepada Dr (HC) Susi Pudjiastuti (Menteri Kelautan dan Perikanan) untuk bidang Kelautan. Acara diselenggarakan di Balai Senat UGM.

Selain itu penerima Herman Johannes Award lainnya adalah Prof. Ir. Hardjoso Prodjopangarso, bidang Teknologi Pengairan, Prof. Dr. Soebroto, M.A., bidang Industri dan Dr. Ir. Hartarto Sastrosoenarto, bidang Industri.

Rencana Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto yang akan mewakili Menteri Hartarto tidak jadi hadir karena harus menghadiri rapat dengan Presiden Jokowi.

"Kalau total menteri (mendapat Anugerah Herman Johannes Award) ada dua," kata Rektor UGM, Panut Mulyono saat dihubungi detikcom, Selasa (20/2/2018).

Panut menjelaskan, selain kedua menteri tersebut masih ada tiga tokoh lainnya yang akan diberikan anugerah serupa. Di antaranya Hardjoso Projopangarso (alm) di bidang teknologi pengairan, Soebroto dan Hartarto Sastrosoenarto (alm) di bidang industri.

Panut menambahkan Menteri Basuki akan menerima anugerah di bidang infrastruktur dan untuk Menteri Susi di bidang kelautan. Namun, Panut mengaku tidak mengetahui secara rinci kriteria dari panitia dalam menentukan tokoh yang akan diberikan anugerah.

"Kemarin saya tidak ikut menentukan. Tetapi memang ada lima (yang diberikan anugerah), itu saya tidak ikut menentukan," jelasnya.

"Pemberian anugerah itu (Herman Johannes Award) untuk mengapresiasi tokoh yang mempunyai capaian yang bagus atau banyak manfaatnya di bidang teknik," lanjutnya.

Meski mengutamakan tokoh yang berjasa di bidang teknik, sambung Panut, sejumlah tokoh yang berkonstribusi di bidang keilmuan sangat mungkin menerima penghargaan ini. Salah satu tokoh tersebut adalah Menteri Susi.

"Tetapi ini Bu Susi barangkali bukan (kapasitasnya) sebagai ilmuwan, tetapi sebagai menteri yang punya kebijakan-kebijakan yang barangkali pro rakyat, memberikan manfaat, kira-kira begitu," pungkas dia.

Pada acara itu, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti akan menyampaikan pidato ilmiah dengan tema 'Pengelolaan Sumber Daya Bahari dan Kedaulatan Bangsa'.

Perlu diketahui, pada 2003, nama Herman Johannes diabadikan oleh Keluarga Alumni Teknik Universitas Gadjah Mada (KATGAMA), atas prakarsa Ketua Katgama saat itu, Airlangga Hartarto, menjadi sebuah penghargaan bagi karya utama penelitian bidang ilmu dan teknologi:

Dua menteri akan menerima Anugerah Herman Johannes Award dari Fakultas Teknik (FT) Universitas Gadjah Mada (UGM). Kedua menteri itu Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono dan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti.
(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed