DetikNews
Minggu 18 Februari 2018, 21:32 WIB

Tebing Longsor Timpa Mobil di Jalur Kopeng-Magelang

Pertiwi - detikNews
Tebing Longsor Timpa Mobil di Jalur Kopeng-Magelang Foto: Istimewa/detikcom
Magelang - Musibah tanah longsor menimpa Dusun Wekas, Desa Kaponan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, Minggu (18/2/2018) sore. Sebuah mobil mengalami ringsek akibat tertimpa material longsoran tersebut.

Tidak ada korban jiwa, namun beberapa orang yang ada di dalam mobil sempat dibawa ke rumah sakit terdekat.

"Untuk saat ini semua penumpang mobil sudah dievakuasi dan dilarikan ke rumah sakit setempat," jelas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang, Edi Susanto, saat dibuhungi detikcom.

Dia menjelaskan, longsor yang terjadi di jalur Magelang-Kopeng bermula dari hujan intensitas ringan hingga sedang yang terjadi sejak sore. Sekitar pukul 16.00 WIB, tebing di sisi jalan Magelang-Kopeng, tiba-tiba longsor.
Petugas membersihkan longsoranPetugas membersihkan longsoran Foto: Istimewa/detikcom

"Tebing yang longsor setinggi 10 meter, panjang 4 meter, dan lebar 1,5 meter membuat sebagian badan jalan tertutup material," jelasnya.

Selain menutup jalan, material tersebut juga menimpa sebuah mobil nomor polisi AB 1229 AJ, yang tengah melintas. Akibatnya, mobil mengalami ringsek pada bagian bodi, sedangkan penumpang bisa dievakuasi.

"Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, dan adanya ancaman longsor susulan, ruas jalan kemudian diberlakukan sistem buka tutup," ungkap Edi.

Adapun pembersihan material longsoran langsung dilakukan hari ini dengan melibatkan relawan Pakis, BPBD Kabupaten Magelang, Damkar, TNI, Polri.

"Malam ini jalan sudah bersih dari material dan bisa dilewati seperti semula. Kami mengimbau untuk hati-hati," jelas Edi.
(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed