DetikNews
Sabtu 17 Februari 2018, 20:50 WIB

Ada Longsor Jalur KA di Grobogan, 9 Perjalanan Kereta Berubah Rute

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Ada Longsor Jalur KA di Grobogan, 9 Perjalanan Kereta Berubah Rute Ilustrasi (Foto: Pool)
Semarang - Tanah longsor terjadi di jalur kereta api (KA) tepatnya antara Gundih-Karangsono, Purwodadi, Grobogan. Akibatnya 9 perjalanan KA harus mengalami perubahan rute.

Manager humas PT KAI Daop 4 Semarang, Suprapto, mengatakan longsor terjadi di jalur rel KM 61+7/8 sekitar pukul 05.20 WIB pagi tadi.

"Terjadi longsoran sepanjang 20 meter di KM 61+7/6 yang menyebabkan petak jalan antara Gundih-Karangsono tidak bisa dilewati," kata Suprapto dalam siaran persnya, Sabtu (17/2/2018).

Suprapto menjelaskan akibat peristiwa itu ada perubahan rute KA dari Solo Balapan - Gundih - Kedungjati - Brumbung - Semarang dan sebaliknya akan menjadi Solo Balapan - Gambringan - Ngrombo - Brumbung - Semarang dan sebaliknya.

"Guna mengantisipasi hal itu, pihak PT KAI Daop IV merekayasa pola operasi rute KA," tandasnya.

Sembilan kereta yang dialihkan rutenya yaitu KA Brantas Blitar-Pasar Senen, KA Bangunkarta Jakarta-Surabaya Guberng, KA Matarmaja Pasar Senen-Malang, KA Matarmaja Malang-Pasar Senen, KA Brantas Pasar Senen-Blitar, KA Majapahit Malang-Pasar Senen, KA Majapahit Pasar Senen-Malang, dan KA Kalijaga Semarang Poncol-Solo Balapan.

Dengan perubahan rute selama masa perbaikan rel itu, maka akan ada keterlambatan pola operasi akibat rute yang memutar yaitu sekitar 1 jam. "Atas keterlambatan dan ketidaknyamanan ini, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya," tutup Suprapto.
(alg/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed