Libur Imlek, Penumpang KA di Stasiun Tugu Yogya Meningkat 15%

Edzan Raharjo - detikNews
Jumat, 16 Feb 2018 18:12 WIB
Foto: Edzan Raharjo/detikcom
Yogyakarta - Pada libur hari raya Imlek dan libur akhir pekan ini penumpang kereta api di Stasiun Tugu Yogyakarta mengalami peningkatan. Para penumpang pun dihibur dengan atraksi kesenian barongsai yang digelar di halaman stasiun Tugu selatan di jalan Pasar Kembang.

Manager Humas PT KAI Daop 6, Eko Budiyanto mengatakan pertunjukan barongsai ini bertujuan untuk menyemarakkan Hari Raya Imlek dan menghibur penumpang yang sedang menunggu kereta di Stasiun Tugu. Jumlah penumpang pada libur Imlek di stasiun Tugu mengalami lonjakan. PT KAI menyediakan KA tambahan ekstra Argolawu dan Dwipangga dari Solo ke Jakarta Gambir untuk mengangkut penumpang yang jumlahnya meningkat.

"Lonjakan kurang lebih 15 % dibanding hari biasa. Semua KA okupansi KA selama libur Imlek penuh rata-rata 100%," kata Eko Budiyanto saat dihubungi detikcom.
Libur Imlek, Penumpang KA di Stasiun Tugu Yogya Meningkat 15%Foto: Edzan Raharjo/detikcom

Sementara pertunjukan barongsai selain untuk menghibur penumpang juga untuk ajang sosialisasi. Hal ini juga untuk manfaatkan, memfungsikan halaman Stasiun Tugu selatan yang terhubung dengan pedestrian sebagai area publik. Halaman sisi selatan Tugu juga untuk mengedukasi, dan mensosialisasikan berbagai hal kepada pengguna jasa KA maupun masyarakat.

"Sekalian memfungsikan zona 3 halaman selatan stasiun Tugu jalan Pasar Kembang sebagai area publik untuk menghibur. Edukasi, sosialisasi kepada masyarakat dan pengguna jasa KA,"kata Eko. (bgs/bgs)