Pastur Korban Penyerangan di Sleman Diperbolehkan Pulang dari RS

Usman Hadi - detikNews
Kamis, 15 Feb 2018 14:40 WIB
Sultan HB X saat menjenguk Romo Prier di RS (Foto: Dok. Humas Pemda DIY)
Yogyakarta - Romo Prier yang menjadi korban penyerangan gereja di Sleman hari Minggu lalu sudah diperbolehkan pulang dari RS Panti Rapih Yogyakarta siang ini. Pihak rumah sakit menilai kondisi rohaniawan tersebut sudah dalam kondisi baik.

"Untuk Romo Prier sudah pulang kira-kira jam 12.30 WIB siang ini. Dari tiga korban yang kemarin opname, berarti tinggal satu orang yang masih dirawat (yakni Yohannes Tri)," kata Staf Humas Panti Rapih Yogyakarta, Sugeng saat dihubungi detikcom, Kamis (15/2/2018).

Sebelumnya satu korban lainnya yakni Budijono sudah diperbolehkan pulang sejak Rabu (14/2) kemarin. "Pak Budijono sudah pulang kemarin sore sekitar jam 17.30 WIB itu. Terus sekarang Romo Prier sudah pulang," lanjutnya.

Sugeng menjelaskan, tim medis RS Panti Rapih Yogyakarta tentunya sudah memiliki pertimbangan tersendiri sehingga memperbolehkan Romo Prier pulang. Namun dia tidak bisa menyampaikan secara detail kondisi terakhir Romo Prier.

"Cuma kalau perkembangan seperti yang disampaikan direktur kami beberapa hari yang lalu dalam jumpa pers, ada perkembangan yang baik, (para korban) sudah bisa diajak komunikasi," sebutnya.

Saat disinggung kondisi satu-satunya korban yang masih dirawat, yakni Yohannes Tri, Sugeng menyebut pihaknya tidak mengetahui secara persis. Sebab, yang mengetahui kondisi detail pasien adalah tim medis.

Sebagaimana diketahui, ada empat korban penyerangan gereja di Sleman yang dirawat di RS Panti Rapih Yogyakarta sejak Minggu (11/2). Dari keempat korban, tiga di antaranya yakni Romo Prier, Yohannes Tri dan Budijono harus opname di RS Panti Rapih.

Bahkan, Romo Prier dan Yohannes Tri harus menjalani operasi karena luka yang dialaminya cukup parah. Setelah mereka dirawat ke ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD), kemudian keduanya dirawat di ruang Intensive Care Unit (ICU).

"(Romo Prier) di ICU sampai Selasa malam, pindah ke Bangsal Rabu kemarin. Terus sekarang Kamis sudah boleh pulang," pungkas dia. (mbr/mbr)