DetikNews
Jumat 09 Februari 2018, 19:25 WIB

Pemkab Gunungkidul akan Teliti Fenomena Lubang Raksasa Misterius

Usman Hadi - detikNews
Pemkab Gunungkidul akan Teliti Fenomena Lubang Raksasa Misterius Penampakan salah satu lubang yang muncul di Gunungkidul. Foto: Usman Hadi/detikcom
Gunungkidul - Pemerintah Kabupaten Gunungkidul berencana meneliti fenomena munculnya lubang misterius di beberapa tempat di Gunungkidul. Penelitian tersebut akan dilakukan untuk mengetahui secara detail fenomena alam ini.

"Akan saya sampaikan ke ibu bupati. Semoga akan segera ada tindakan seperti penelitian atau pendalaman kejadian itu," kata Wakil Bupati Gunungkidul, Immawan Wahyudi kepada wartawan di ruangannya, Jumat (9/2/2018).

Immawan menjelaskan, penelitian terkait fenomena munculnya lubang misterius di Gunungkidul penting dilakukan. Selain untuk mengetahui penyebabnya, penelitian itu juga dibutuhkan untuk mengetahui bagaimana cara mengantisipasi fenomena ini.

Menurut Immawan, sebenarnya munculnya lubang misterius di Gunungkidul adalah fenomena alam biasa yang kerap dijumpai di tanah karst. Namun, dia mengakui dulu-dulunya lubang yang muncul berukuran lebih kecil.

"Saya dulu sering berkunjung ke desa-desa, memang terdapat amblesan tetapi ukurannya kecil. Sekarang kok gede-gede ya. Makanya harus ada pendalaman situasi ini," sebutnya.


Immawan berharap masyarakat di Gunungkidul tidak risau dengan fenomena tanah ambles membentuk lubang ini. Sebab, lubang misterius tersebut hanya ditemui di ladang, sementara sejauh ini tidak ditemukan di area permukiman.

"Sebenarnya ini anugerah Allah kepada warga Gunungkidul, karena ini adalah geologi yang berbeda dengan yang lain. Bisa saja di bawah tanah mengalir sumber air, itu harus kita sadari bersama," pungkas dia.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed