DetikNews
Jumat 09 Februari 2018, 17:22 WIB

Tanah Longsor di Wonosobo Ancam Gedung Sekolah

Uje Hartono - detikNews
Tanah Longsor di Wonosobo Ancam Gedung Sekolah Penampakan longsor di SMPN 3 Kalibawang, Wonosobo. Foto: Dok BPBD Wonosobo
Wonosobo - Hujan lebat dengan intensitas lama membuat halaman sekolah SMPN 3 Kalibawang, Wonosobo longsor. Saat ini, satu ruangan di SMP tersebut terpaksa dikosongkan untuk menghindari adanya korban jiwa.

Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonosobo, Sabar mengatakan longsor di SMPN 3 Kalibawang awalnya terjadi pada Kamis (8/2). Namun, rekahan semakin parah pada Jumat (9/2) dan mengancam satu ruangan di SMPN 3 Kalibawang.

"Selain hujan lebat dengan intensitas lama longsor ini juga karena minimnya saluran pembuangan air," ujar Sabar melalui sambungan telpon, Jumat (9/2/2018).

Disampaikan, satu ruangan terpaksa dikosongkan karena dapat membahayakan pelajar jika masih ditempati. Menurutnya, tidak menutup kemungkinan jika halaman yang saat ini retak ikut longsor dan akan menimpa gedung lainnya.

"Satu ruangan yang dikosongkan adalah ruang les. Tetapi, karena kekurangan ruang, ruang les itu juga digunakan untuk kegiatan belajar. Sehingga sementara ini kelas yang tadinya di ruangan itu pindah," kata dia.

Berdasarkan rapat koordinasi dengan pihak sekolah, rekahan longsor saat ini ditutup dengan terpal. Upaya ini dilakukan agar saat hujan dampak longsor tidak meluas. Ia juga mengimbau agar warga dan pelajar untuk tidak mendekat ke titik longsor.

"Untuk tinggi senderan dengan gedung yang telah dikosongkan sekitar 7 meter dengan jarak hanya 2 meter," sebutnya.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed