DetikNews
Kamis 08 Februari 2018, 09:32 WIB

Longsor dan Banjir Hingga 2 Meter Terjadi di Jepara

Wikha Setiawan - detikNews
Longsor dan Banjir Hingga 2 Meter Terjadi di Jepara Banjir di Jepara. Foto: Dok Camat Donorojo, Jepara
Jepara - Hujan yang mengguyur wilayah Kabupaten Jepara beberapa hari terakhir mengakibatkan banjir dan tanah longsor di sejumlah lokasi. Tidak ada korban jiwa dalam bencana ini.

Dari pantauan, Kamis (8/2/2018), banjir terjadi di Dukuh Tempur Desa Sunberejo, Kecamatan Dinorojo. Air luapan sungai desa setempat setinggi 2 meter menenggelamkan rumah-rumah warga.

Bencana lain terjadi di Kecamatan Mayong. Terdapat 2 rumah roboh akibat angin kencang dan tanah longsor. Rumah milik Kusminah Desa Bungu RT 4 RW 3, yang rata dengan tanah, dan satu rumah lain yang rusak milik Miftah Desa Pancur RT 6 RW 2.

Camat Donorojo, Sutana menyampaikan bahwa banjir disebabkan luapan sungai yang melintas di desa setempat. Untuk saat ini, pihaknya masih melakukan penanganan di lapangan.

"Ketinggian air mencapai dua meter, disebabkan air sungai meluap," ujarnya melalui sambungan telepon kepada detikcom, Kamis (8/2/2018).

Hingga saat ini, pihaknya dibantu SAR dan TNI-Polri melakukan pendataan terhadap korban banjir tersebut.

"Belum diketahui berapa pasti jumlah rumah yang terendam banjir. Kami lakukan data, sekaligus untuk memastikan apakah harus mengungsi atau tidak. Tapi airnya sudah mulai surut," lanjutnya.

Operator Pusdalops BPBD Kabupaten Jepara, Didik Irawan menambahkan, banjir mulai terjadi sekitar pukul 05.00 WIB.

"Setelah mendapat laporan, kami langsung menerjunkan relawan ke lokasi untuk membantu warga. Saat ini di lokasi masih hujan," lanjutnya.

Sementara Kapolsek Mayong, AKP Karman menyampaikan bahwa evakuasi rumah roboh sudah dilakukan.

"Tidak ada korban jiwa. Hanya saja kerugian mencapai puluhan juta rupiah. Saat ini, kami masih monitoring karena hujan masih turun," kata Karman.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed