DetikNews
Rabu 07 Februari 2018, 08:06 WIB

Kreatif! Halaman Kantor Kecamatan di Bantul Ini Dilukis 3D

Usman Hadi - detikNews
Kreatif! Halaman Kantor Kecamatan di Bantul Ini Dilukis 3D Lukisan 3D di halaman kantor Kecamatan Sedayu, Bantul. Foto: Usman Hadi/detikcom
Bantul - Ada pemandangan berbeda bila Anda berkunjung ke Kantor Kecamatan Sedayu, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Di halaman kantor kecamatan ini terdapat sungai yang membujur dari utara ke selatan. Tetapi ini bukan sungai sungguhan, melainkan lukisan 3D.

Adalah Camat Sedayu, Fauzan Mu'arifin, yang memiliki ide membuat lukisan 3D tersebut. Menurutnya, lukisan sungai 3D ini sengaja dibuat untuk mendongkrak pariwisata di Sedayu. Apalagi pariwisata di Sedayu belum sefamiliar Dlingo, Bantul.

"Tujuannya untuk membuat Kecamatan Sedayu itu lebih dikenal. Kemudian yang kedua untuk mendongkrak pariwisata di Sedayu," kata Fauzan saat dihubungi detikcom, Rabu (7/2/2018).

"Kita ingin pariwisata di Sedayu lebih dikenal. Karena di Sedayu di Sedayu ada wisata alam, wisata budaya, wisata kuliner banyak banget," lanjutnya.

Fauzan menjelaskan, memang pihaknya sengaja menampilkan lukisan sungai di halaman Kantor Kecamatan Sedayu. Sebab, obyek wisata paling dikenal di Sedayu adalah obyek wisata Karst Tubing di Surobayan.

Lukisan 3D di halaman kantor Kecamatan Sedayu, Bantul.Lukisan 3D di halaman kantor Kecamatan Sedayu, Bantul. Foto: Usman Hadi/detikcom


"(Pariwisata) Di Dlingo kan bermain dengan sunset dan sunrise yang banyak pengunjungnya. Kita di Sedayu sebagai Bantul bagian barat fokus di kali (sungai) untuk menyedot wisatawan," ungkapnya.

Lukisan sungai 3D ini, sambung Fauzan, sudah mulai dikerjakan sekitar dua minggu yang lalu. Sebenarnya lukisan yang sekarang belum sepenuhnya selesai dikerjakan. Sebab, beberapa hari terakhir kerap hujan sehingga pengerjaannya kurang optimal.

"Sekarang sudah 95 persen lah. Kalau hari ini tidak hujan mungkin besok selesai. Untuk lukisan ini dikerjakan perorangan, kebetulan yang mengerjakan warga kita juga, warga Sedayu dari Argorejo. Untuk biayanya dari anggaran kecamatan sekitar Rp 15 juta," paparnya.

Menurutnya, masyarakat di Sedayu cukup antusias menyambut adanya lukisan sungai 3D ini. Masyarakat, lanjut Fauzan, kebanyakan kaget karena tiba-tiba di halaman kantor kecamatan ada lukisan 3D. Warga pun mulai memanfaatkan lukisan ini sebagai lokasi selfie.

"Ada yang terkejut, surprise, kaget banget. Karena kagetnya tahu-tahu di kecamatan kok ada lukisan itu. Masyarakat kan tidak tahu kapan pengerjaannya, kok tiba-tiba ada. Kemudian mereka seneng bisa selfie-selfie," pungkas Fauzan.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed