DetikNews
Kamis 01 Februari 2018, 14:15 WIB

Kapal Pengangkut BBM ke Karimunjawa Masih Bersandar di Semarang

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Kapal Pengangkut BBM ke Karimunjawa Masih Bersandar di Semarang Kapal SPOB Salim bersandar di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Semarang - Kapal SPOB Salim yang membawa bahan bakar minyak (BBM) ke Karimunjawa hingga siang ini masih bersandar di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Para ABK menunggu perintah dan izin berlayar karena kondisi cuaca yang masih buruk.

Ada 6 ABK yang berada di atas kapal tersebut. Mereka mengerjakan kegiatan perawatan kapal selagi menunggu perintah, seperti mengecat, cek kondisi mesin, dan kegiatan sehari-hari seperti biasanya.

"Ya kerja ngecat, bersih-bersih, kita menunggu perintah bos," kata Kepala Kamar Mesin (KKM), Haryanto di SPOB Salim, Kamis (1/2/2018).

Mereka seharusnya berangkat tanggal 10 Januari lalu, namun Syahbandar tidak memberikan izin berlayar pada perusahaan pemilik kapal tersebut.

"Ya ini belum ada kepastian kapan berangkat. Perusahaan akan mengabarkan kalau bisa berangkat, kadang kita juga yang tanya bisa berangkat atau tidak," imbuhnya.

Kapal SPOB Salim memang menjadi kapal yang mengantar pasokan BBM ke Karimunjawa. Cuaca menjadi faktor utama yang memperngaruhi bisa tidaknya kapal berlayar.

"Cuma cuaca saja ini penyebabnya, kalau lainnya tidak ada masalah," kata Hariyanto.

Untuk diketahui, cuaca buruk menyebabkan gelombang tinggi di laut Jawa sehingga pelayaran terganggu termasuk pengiriman BBM ke Karimunjawa.

Pertamina sudah menyediakan BBM sejak 10 Januari lalu, namun sudah lebih dari 2 pekan Syahbandar belum memberikan izin berlayar ke Karimunjawa. Padahal stok BBM sudah menipis di sana.
(alg/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed