Baru Rampung Digarap 2017 Lalu, Lantai Granit Area Menara Kudus Rusak

Akrom Hazami - detikNews
Rabu, 31 Jan 2018 16:31 WIB
Lantai granit di kawasan Menara Kudus sedang diperbaiki. Foto: Akrom Hazami/detikcom
Kudus - Pemasangan granit di kawasan Menara Kudus baru selesai pada Oktober 2017 lalu. Namun kini lantai granit di area tersebut telah rusak dan saat ini sedang diperbaiki.

"Harusnya air dari rumah tangga tidak masuk ke saluran di granit itu. Malah air masuk dan mengakibatkan granit koplak. Ini diperbaiki dengan lem khusus," ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kudus Sam'ani Intakoris saat dihubungi detikcom, Rabu (31/1/2018).

Pihaknya menjelaskan ada kesalahan dalam pengerjaan dan kini dia telah memerintahkan kontraktor untuk bertanggung jawab terhadap proyek lantai granit kawasan Menara Kudus. Pembangunan yang dikerjakan tahun lalu ini menghabiskan anggaran sebanyak Rp 9,8 miliar.

"Kawasan Menara Kudus masih ditutup untuk kendaraan roda empat karena perbaikan granit," kata Sam'ani.

Suasana di kawasan Menara Kudus saat ini. Suasana di kawasan Menara Kudus saat ini. Foto: Akrom Hazami/detikcom


Kabid Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Dishub Kudus Putut Sri Kincoro mengatakan jalan sepanjang 500 meter yang digranit tersebut, dikhususkan bagi pejalan kaki, kendaraan roda dua dan becak yang mengangkut peziarah dari Terminal Bakalan Krapyak (TBK). Penutupan tersebut mulai diberlakukan mulai 22 Januari 2018. Selama 30 hari ke depan, larangan tersebut masih dalam tahap sosialisasi.

Menurut Putut, mobil yang boleh masuk ke kawasan Menara Kudus, yakni mobil milik warga setempat dan mobil yang mengangkut gas elpiji. Untuk mobil milik warga yang memiliki rumah di sepanjang jalan tersebut, nantinya akan diberi tanda khusus seperti stiker atau kartu tanda pengenal.

Pihaknya juga sudah memasang rambu-rambu larangan mobil masuk kawasan Menara pada Minggu (21/1). Rambu peringatan itu dipasang di empat titik, yakni di pintu masuk sebelah utara dan selatan, depan klenteng Menara dan di pertigaan depan Masjid dan Menara Kudus.

Kawasan ini ditutup untuk kendaraan roda 4.Kawasan ini ditutup untuk kendaraan roda 4. Foto: Akrom Hazami/detikcom

"Pas di pertigaan depan Menara, kendaraan roda dua dari arah utara diarahkan ke kiri. Dari arah selatan hanya akses masuk, kalau dari arah utara keluarnya lewat pintu sebelah timur," ucapnya.

Rekayasa yang dibuat tersebut sudah melalui kajian, lanjut dia, dipastikan hal itu tidak akan mengganggu mobilitas warga setempat atau peziarah. Selain itu, rasa aman dan nyaman diharapkan akan semakin dirasakan, oleh para wisatawan religi makam Sunan Kudus.

Pengaturannya yakni, kendaraan roda empat dilarang masuk kawasan Menara Kudus dari perempatan Menara, kendaraan dari pertigaan Kelenteng jalan Madurekso, kendaraan dari arah utara menuju perempatan Menara Kudus, dan kendaraan dari arah perempatan Sucen, kecuali kendaraan penghuni lingkungan yang terdaftar. (sip/sip)