DetikNews
Senin 22 Januari 2018, 17:19 WIB

Hujan Deras Guyur Yogya Hari Ini, BMKG: Ada Fenomena La Nina

Ristu Hanafi - detikNews
Hujan Deras Guyur Yogya Hari Ini, BMKG: Ada Fenomena La Nina Hujan deras di Yogyakarta sore ini. Foto: Ristu Hanafi/detikcom
Yogyakarta - Wilayah DIY dan sekitarnya sore ini diguyur hujan dengan intensitas sedang-lebat disertai angin kencang dan petir. BMKG menyampaikan adanya fenomena El Nina dalam kategori lemah.

"Karena memasuki puncak musim hujan, fenomena La Nina normal terjadi. Saat ini kategori lemah, didukung faktor lain sehingga curah hujan tinggi," kata Kepala BMKG Yogyakarta Stasiun Klimatologi Mlati, Sleman, Agus Sudaryanto, melalui keterangan tertulis kepada detikcom, Senin (22/1/2018).

Agus menjelaskan monitoring dan prakiraan kondisi dinamika atmosfer-laut terkini meliputi, menguatnya angin baratan di sekitar Pulau Jawa dan potensi munculnya pola tekanan rendah di selatan Perairan Pulau Jawa-Nusa Tenggara.

Aktifnya MJO di atas wilayah Indonesia hingga akhir Januari 2018. Kondisi suhu muka air laut di perairan selatan Pulau Jawa dalam kondisi normal kisaran 28-30 derajat celcius. Dan indeks ENSO (El NinoSouthernOscilation) menunjukkan adanya fenomena La Nina dalam kategori lemah.

"Berdasar kondisi di atas dapat berpotensi menyebabkan hujan intensitas sedang-lebat disertai petir dan angin kencang di wilayah DIY," jelas Agus.

Agus mengatakan data klimatologis menunjukkan puncak curah hujan di DIY pada umumnya terjadi pada dasarian III Januari.

Prediksi curah hujan dasarian III Januari 2018 di DIY dalam kategori tinggi (150-300 mm). Sedangkan potensi bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, sambaran petir, dan pohon tumbang, dapat terjadi hampir di seluruh wilayah DIY.

Untuk tinggi gelombang di perairan selatan Pulau Jawa hingga akhir bulan Januari 2018 diperkirakan 2,5-4 meter.

"Pemda dan masyarakat diharapkan meningkatkan kesiapsiagaan dan menyiapkan langkah antisipasi menghadapi potensi bencana yang dapat terjadi di puncak musim hujan 2018 di DIY," tutur Agus.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed